“Mother Bank” Grup Musik Ibu-Ibu Korban Bank Keliling Majalengka dengan Dandanan Nyentrik

JABAR EKSPRES – Kreativitas tak terbatas, para ibu di Majalengka menciptakan terobosan baru dengan membentuk grup musik dengan gaya penampilan yang unik “Mother Bank”. Mereka mengenakan penutup kepala tinggi dan kacamata, serta berbusana cerah dengan kombinasi warna pink muda dan cerah yang mencolok.

Grup musik ini di beri nama Mother Bank, terinspirasi dari ide bahwa mereka adalah bank eksperimental berbentuk keliling (bank emok) di Jatiwangi-Majalengka yang di kelola secara kolektif tanpa bunga. Seperti bank pada umumnya, Mother Bank telah merilis album dengan enam lagu, termasuk lagu berjudul ‘Jalan-jalan’.

Jika kita melihat deskripsi di YouTube, konsep dari grup ini adalah eksplorasi spekulatif terhadap lanskap budaya dan isu-isu pertanian. Video musik lagu ‘Jalan-Jalan’ di produksi oleh kelompok riset artistik Badan Kajian Pertanahan. Yang terdiri dari sepasang suami istri, Bunga Siagian dan Ismal Muntaha.

Baca juga :  Viral di TikTok dan Arti di Balik Kata Cundamani

Dalam video musik tersebut, adegan pertama menampilkan sekelompok ibu-ibu yang sedang berada di sebuah saung, sambil mendengarkan seorang pria membacakan ‘Janji Nasabah’. Lagu ‘Jalan-Jalan’ menyampaikan betapa nyamannya cicilan tanpa bunga dan bagaimana hal itu dapat memajukan desa.

Liriknya menceritakan tentang kehidupan yang bisa bebas dari beban cicilan, dan bagaimana lahan pertanian perlahan-lahan berubah menjadi pabrik-pabrik, serta semangat para pemuda dan pemudi Jatiwangi yang menjadi buruh.

Video tersebut juga menampilkan adegan ritual gajian para buruh yang kemudian menggunakan uangnya untuk membeli rocket chicken, serta upaya para perempuan dalam memanfaatkan lahan dengan menanam tanaman. Selain itu, Mother Bank juga berkolaborasi dengan para perempuan pengrajin keramik dari desa di Borobudur, Magelang.

Mother Bank dengan kreativitasnya telah berhasil menciptakan karya musik dan video yang tidak hanya menghibur tetapi juga mengangkat isu-isu sosial dan budaya. Grup musik ini menjadi contoh inspiratif tentang bagaimana seni dan musik dapat menjadi medium untuk menyuarakan aspirasi dan perubahan positif dalam masyarakat.

Semoga Mother Bank terus menghadirkan karya-karya menarik dan inovatif di masa depan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan