Makanan yang Cocok Dikonsumsi Saat Flu Bisa Mempercepat Proses Pemulihan

JABAR EKSPRES- Saat mengalami flu, tubuh memerlukan asupan nutrisi yang tepat untuk mempercepat proses pemulihan. Makanan yang Anda konsumsi dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh dan membantu mengatasi gejala yang tidak nyaman.

Artikel ini akan memberikan informasi tentang makanan yang cocok dikonsumsi saat flu untuk membantu Anda merasa lebih baik lebih cepat.

BACA JUGA : Flu Datang? Berikut Makanan yang Cocok Untuk Meredakan Flu Agar Pulih Lebih Cepat

1. Sup Ayam

Sup ayam menjadi pilihan yang populer ketika seseorang sedang flu, dan itu bukan tanpa alasan. Sup ayam mengandung nutrisi penting seperti protein, vitamin, mineral, dan elektrolit. Kaldu sup hangat juga dapat membantu meredakan tenggorokan yang sakit dan hidung tersumbat.

2. Jeruk dan Buah-buahan

Citrus Jeruk dan buah-buahan citrus lainnya mengandung vitamin C yang tinggi, yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin C membantu melawan infeksi dan mempercepat penyembuhan. Selain itu, mereka juga mengandung serat yang baik untuk pencernaan.

3. Jahe

Jahe telah dikenal selama bertahun-tahun karena sifat antiinflamasinya yang kuat. Minum teh jahe atau menambahkan irisan jahe ke dalam air hangat dapat membantu meredakan peradangan tenggorokan dan membantu mengurangi rasa mual.

4. Bawang Putih

Bawang putih mengandung senyawa allicin yang memiliki sifat antibakteri dan antivirus alami. Ini dapat membantu tubuh melawan infeksi dan mempercepat pemulihan dari flu. Bawang putih juga memiliki sifat antiinflamasi yang membantu meredakan gejala seperti sakit tenggorokan dan batuk.

5. Pisang

Pisang adalah sumber karbohidrat yang baik dan mengandung vitamin B6, yang berperan dalam produksi sel darah putih. Sel darah putih adalah bagian penting dari sistem kekebalan tubuh yang membantu melawan infeksi.

6. Yoghurt

Yoghurt mengandung probiotik, yaitu bakteri baik yang menguntungkan sistem pencernaan dan membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Pilihlah yoghurt rendah lemak atau tanpa lemak untuk mengurangi jumlah lemak jenuh.

BACA JUGA : Makanan Penuh Kelezatan untuk Lawan Flu: Pedas, Hangat, dan Segar!

7. Air Putih

Pastikan untuk tetap terhidrasi dengan cukup minum air putih. Air membantu melancarkan saluran pernapasan dan membantu tubuh membuang racun.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan