Kasus Gagal Ginjal di Singapura Melonjak, Ini Cara Mencegahnya

JABAR EKSPRES – Melonjaknya kasus gagal ginjal di Singapura menjadi perhatian publik, lantaran angkanya yang fantastis dalam kurun waktu yang cukup singkat. Bahkan ada media di SIngapura yang melaporkan rata-rata ada penambahan hingga 6 pasien setiap harinya.

Hingga saat ini ada sekitar 300 ribuan orang disingapura yang mengalami penyakit ginjal kronis, namun yang terdeteksi gagal ginjal hanya 9 ribu kasus saja, data itupun tidak valid karena masih banyak yang belum terdeteksi demikian seperti yang dilaporkan Channel News Asia.

Penyebab Gagal ginjal di Singapura kebanyakan di sebabkan karena penyakit diabetes, hipertensi, peradangan, dan faktor genetik. Belajar dari kasus tersebut, banyak yang tidak menyadari kondisi ginjalnya bermasalah, hingga akhirnya dibawa ke rumah sakit sudah dalam kondisi parah dan tidak bisa lagi diobati.

Baca juga : Meningkatnya Kasus Gagal Ginjal Di Singapura Yang Naik Signifikan, Ini Alasannya

Untuk mencegah penyakit ginjal, sangat dibutuhkan kesadaran setiap individu dalam menjaga pola hidup sehat. Apalagi bila memiliki penyakit genetik yang dideritanya.

Dilansir dari laman resmi Kemenkes, ada beberapa cara untuk menjaga kesehatan ginjal, diantaranya :
1. Mengonsumsi makanan bergizi lengkap dan seimbang
2. Batasi makan makanan yang mengandung tinggi garam, tinggi lemak jenuh, dan tinggi asam urat
3. Cukup minum air putih, minimal 8 gelas sehari
4. Menjaga berat badan ideal
5. Tidak merokok
6. Menghindari konsumsi obat pereda nyeri golongan OAINS tanpa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter

Tidak hanya di Singapura, di Indonesia juga kesadaran akan pentingnya kesehatan ginjal masyarakat masih rendah. Masyarakat masih belum memahami pentingnya menjaga fungsi ginjal dalam tubuh untuk keberlangsungan hidup yang lebih lama.

Dilansir dari laman Halodoc, Gagal ginjal adalah kerusakan ginjal yang sudah parah sehingga penderita perlu melakukan cuci darah atau transplantasi ginjal untuk bertahan hidup.

Baca juga :   Kasus Gagal Ginjal di Singapura Menghadirkan Ancaman Mengerikan, Ketahui Penyebabnya di Sini!

Ada beberapa cara mencegah penyakit yang satu ini, agar tidak kondisi penderita gagal ginjal tidak semakin buruk, yakni sebagai berikut :

1. Menjaga tekanan darah agar tetap stabil

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan