7 Rebusan Daun ini Ampuh untuk Atasi Tekanan Darah Tinggi

JABAR EKSPRES – Tujuh rebusan daun ini ampuh untuk mengatasi tekanan darah tinggi dan dapat menjadi alternatif herbal yang menyegarkan bagi pasien.

Jika tekanan darah seseorang berada di atas 120/80 mmHg, maka itu menandakan kondisi hipertensi.

Banyak faktor yang bisa menyebabkan hipertensi, seperti obesitas, merokok, konsumsi alkohol, kurangnya aktivitas fisik, dan tingkat stres yang tinggi.

Baca juga : Tips Alami Menghilangkan Lingkaran Hitam di Bawah Mata

Meskipun obat-obatan dari dokter sering di rekomendasikan untuk pasien hipertensi. Beberapa tanaman herbal juga telah dikenal sejak lama untuk membantu menurunkan kadar kolesterol. Salah satunya adalah daun-daunan yang bisa direbus.

Di antara tanaman herbal tersebut, ada beberapa yang menonjol karena efektivitasnya. Termasuk daun basil, parsley, daun kelor, daun kumis kucing, seledri, daun pegagan, dan daun jambu biji.

1. Daun Basil

Basil memiliki kandungan eugenol yang tinggi dan telah terbukti bermanfaat dalam menurunkan tekanan darah dengan cara menghambat pergerakan kalsium alami dalam tubuh.

2. Parsley

Daun Parsley mengandung berbagai senyawa seperti vitamin C dan karotenoid makanan. Tentunya daun ini memiliki efek positif dalam menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat).

3. Daun Kelor

Kandungan quercetin pada daun kelor di yakini bisa membantu mengontrol tekanan darah tinggi.

4. Daun Kumis

Sementara itu, daun kumis kucing dapat meredakan tekanan darah dengan cara merebus 20 lembar daun kumis kucing dan 20 lembar daun sambiloto dalam 110 ml air yang mendidih. Lalu minum teh daun kumis kucing tersebut satu kali sehari.

5. Seledri

Seledri memiliki biji yang mengandung senyawa yang dapat berperan sebagai penghambat saluran kalsium alami dalam tubuh, sehingga dapat membantu menurunkan tekanan darah.

6. Daun Pepagan

Sementara itu, daun pegagan mengandung kalium yang membantu mengontrol tekanan darah dalam tubuh.

7. Daun Jambu Biji

Ekstrak daun jambu biji telah diketahui memiliki potensi dalam menurunkan tekanan darah tinggi berkat sifat antioksidannya.

Cara membuat rebusan daun jambu biji cukup sederhana, yaitu dengan menambahkan 1-2 sendok teh daun jambu biji kering ke dalam segelas air mendidih.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan