Chatbot AI ‘Apple GPT’ Terus Dikembangkan, Bakal Diperkenalkan Tahun Depan

JABAR EKSPRES – Menurut laporan dari Bloomberg, Apple sedang bekerja keras untuk mengembangkan chatbot berbasis kecerdasan buatan (AI) yang akan di kenal dengan nama Apple GPT.

Proyek ini sebelumnya hampir tidak di ketahui publik. Namun di laporkan bahwa para insinyur di Apple telah menciptakan chatbot tersebut dengan menggunakan kerangka kerja model bahasa besar (LLM) yang di sebut “Ajax”.

Sistem ini yang berjalan di platform Google Cloud dan di buat dengan bantuan Google JAX, sebuah kerangka kerja yang mempercepat penelitian pembelajaran mesin.

Baca juga : WhatsApp Rilis Aplikasi untuk Smartwatch Wear OS Google

Sumber yang mengetahui proyek ini menyatakan bahwa Apple memiliki beberapa tim yang bekerja pada chatbot Apple GPT. Dan mereka juga tengah memperhatikan potensi implikasi privasi dalam pengembangannya.

Meskipun Apple melarang penggunaannya, para insinyur di perusahaan tersebut telah menggunakan chatbot Ajax secara internal untuk menyatukan pengembangan kecerdasan buatan.

Hal ini menunjukkan komitmen Apple untuk terus maju dalam bidang teknologi AI.

Sebenarnya, Apple sudah lama tertarik dan berinvestasi dalam pengembangan kecerdasan buatan.

Siri, asisten suara yang sangat terkenal, adalah salah satu produk AI mereka yang telah di gunakan dalam perangkat lunak untuk waktu yang lama.

Namun, Apple juga menyadari bahwa masih ada banyak ruang untuk meningkatkan kemampuan AI mereka.

Dengan upaya untuk meningkatkan pengalaman pengguna dan menghadirkan inovasi baru. Apple merekrut John Giannandrea, mantan kepala AI dan Search di Google, untuk mengawasi Siri dan tim pembelajaran mesinnya.

John Giannandrea dan Craig Federighi, wakil presiden senior rekayasa perangkat lunak Apple, memimpin inisiatif AI di perusahaan ini.

Dalam wawancara terbaru, CEO Apple, Tim Cook, menekankan bahwa perusahaan mereka sangat berhati-hati dalam mengembangkan teknologi AI.

Apple menyadari bahwa ada berbagai masalah yang harus di atasi sebelum menghadirkan produk AI yang benar-benar inovatif dan aman bagi pengguna.

Saat ini, rencana rinci Apple dalam bidang AI masih belum di ungkapkan secara menyeluruh.

Namun, sumber dari dalam perusahaan menyatakan bahwa Apple berencana untuk membuat pengumuman besar terkait perkembangan AI mereka di tahun depan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan