Band The 1975 Banned dari Malaysia Setelah Lakukan Aksi Ini…

JABAR EKSPRES – Band The 1975 telah di-ban (dilarang) dari Malaysia setelah melakukan aksi tidak senonoh saat tampil di Good Vibes Festival 2023 (GVF2023) di Malaysia, Sabtu, 22 Juli 2023, malam.

Pasalnya, member band The 1975, Matt Healy, melakukan adegan ciuman dengan member gitarisnya sebagai bentuk protes atas perlakuan diskriminasi terhadap komunitas LGBTQIA+ di Negeri Jiran itu. Sebelumnya, dia juga mengungkapkan tentang hak LGBT sebelum penampilan mereka dihentikan pada pertengahan acara.

“Saya tidak bisa melihat tujuan dari mengundang (band kami) The 1975 ke sebuah negara dan mengatur dengan siapa kita tidak boleh melakukan seks,” ucap Healy.

BACA JUGA: The 1975 Batal Tampil di We The Fest 2023 Jakarta

Pada tahun 2019, penyanyi itu juga melakukan aksi serupa di Dubai dengan mencium salah satu penggemar laki-laki pada bibirnya. Hal tersebut juga menuai kontroversi yang sangat panas hingga membuat band mereka dilarang untuk datang kembali ke Dubai.

Insiden ini membuat seluruh susunan acara GVF2023 di Malaysia dibatalkan, membuat tamu undangan yang akan tampil selanjutnya juga gagal untuk tampil. Pihak manajemen GVF2023 juga meminta maaf karena telah memotong separuh dari penampilan band tersebut.

“Kami menyesal penampilan The 1975 harus dihentikan karena ketidakpatuhan terhadap aturan saat tampil,” ungkap pihak manajemen GVF2023 melalui keterangan tertulis.

Menteri Komunikasi dan Digital Malaysia Fahmi Fadzil telah menginstruksikan kepada semua pengurus GVF2023 untuk memberikan skema kompensasi kepada semua yang telah membeli tiket. Dia telah mengadakan pertemuan dengan para pengurus, Future Sound Asia, setelah kejadian semalam.

BACA JUGA: Vulgar! Mesra-Mesraan Sesama Jenis pada Konser The 1975 di Malaysia!

“Walau bagaimanapun, jangan sesekali menyentuh sensitiviti masyarakat, khususnya yang bertentangan dengan adab dan nilai budaya tempatan,” ucapnya di Twitter.

Pengacara Mathew Thomas Philip dan sekelompok pengacara lainnya akan merepresentasikan artis lokal pro bono di sebuah gugatan class action terhadap band The 1975, atas kerugian materil akibat dari pembatalan Good Vibes Festival 2023. Timnya juga turut merundingkan apakah pihak vendor akan terlibat dalam gugatan tersebut.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan