Sinopsis Film Oppenheimer dan Alasannya Belum Rilis di Jepang

JABAR EKSPRES – Saat ini film Oppenheimer karya Christopher Nolan sudah dapat disaksikan di bioskop seluruh dunia, kecuali di Jepang.

Film sinematik terbaru dari Christoper Nolan, “Oppenheimer” resmi rilis pada tanggal 19 Juli 2023.

Film ini mengisahkan tentang biografi J. Robert Oppenheimer yang menjadi aktor utama di balik pembuatan bom atom, dengan Cillian Murphy yang berperan sebagai ilmuwan terkemuka Amerika tersebut.

Kini sebagian besar teater di dunia sudah menayangkan film tersebut, namun film tersebut belum di rilis di Jepang, mengapa demikian?

Seperti kita ketahui bahwasannya Amerika Serikat pada tangal 6 Agustus 1945 dan 9 Agustus 1945 menjatuhkan bom atom di Hiroshima dan Nagasaki di Jepang yang menewaskan lebih dari 200.000 orang.

Peristiwa tersebut tentu sangat amat menyakitkan bagi warga negara Jepang.

Akankah Oppenheimer Ada di bioskop Jepang?

Jepang belum sepenuhnya melarang “Oppenheimer” dari bioskopnya, tetapi juga tidak ada tanggal rilis film tersebut di negara tersebut.

Seorang juru bicara Universal mengatakan pada bulan Juni bahwa “rencana belum diselesaikan di semua pasar.”

Ini menunjukkan bahwa penonton Jepang tidak akan dapat menonton film Nolan pada waktu yang sama dengan orang lain di dunia, karena Toho-Towa distributor film Hollywood Jepang terbesar  belum memutuskan rencana rilisnya.

Sinopsis Film Oppenheimer

Film ini mengulas tentang biopik ilmuwan abad ke-20 yang kontroversial yaitu J. Robert Oppenheimer, fisikawan teoretis Amerika yang secara luas dianggap sebagai “bapak bom atom”.

Di dalam film ini kamu akan disuguhkan dengan eksplorasi kebingungan moral Oppenheimer atas perannya dalam menciptakan senjata paling destruktif yang pernah dibuat.

Penonton akan disuguhkan dengan banyaknya dialog antara para ilmuwan dalam proses pembuatan bom atom tersebut. Selain itu terjadi permasalahan internal antara tokoh pemerintahan dengan ilmuwan, yang menjadi lebih seru adanya penyusupan intelijen Rusia di dalam proyek tersebut yang sulit dideteksi.

Oppenheimer sendiri merupakan orang yang mengawasi upaya ilmiah Amerika, yang dikenal sebagai Proyek Manhattan, untuk memperkenalkan senjata nuklir kepada umat manusia yang hasilnya menakutkan. Tapi dia lebih dari sekadar pria, dia merupakan sosok angker dan sulit dikenal.

Tinggalkan Balasan