Aksi Bebersih Pandawa Group dan Pupuk Kaltim Tidak Koordinasi, Akhirnya Sampah Diangkut DLHK Kota Depok

JABAR EKSPRES – Aksi bersih-bersih yang dimotori Pupuk Kaltim dan kelompok pemuda pelestari lingkungan Pandawara Group di Kota Depok, Jawa Barat menimbulkan masalah baru. Karena sampah yang telah terkumpul justru tidak diangkut.

Menurut Kabid Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan atau DLHK Kota Depok, Nelson Da Silva mengatakan aksi bersih-bersih yang dilakukan Pupuk Kaltim dengan menggandeng kelompok pemuda pelestari lingkungan Pandawara Group di Kali Krukut Cabang Barat tidak melakukan koordinasi.

Nelson Da Silva mengatakan bahu miwa pihaknya mengaku tidak mendapat surat pemberitahuan khusus terkait aksi bersih-bersih yang dilakukan di Kali Krukut Cabang Barat, Kelurahan Krukut, Kecamatan Limo, Kota Depok.

BACA JUGA: Kejari Depok gelar Taekwondo Cup 2023, Diikuti Ratusan Pelajar SD, SMP, dan SMA

“Memang tidak ada surat pemberitahuan masuk, jadi kami tidak langsung siapkan armada,” kata Nelson Da Silva kepada jabarekspres.com pada Jumat, 21 Juli 2023.

Dia menegaskan, jika memang ada laporan masuk, paling tidak pihaknya langsung menyiapkan armada agar bisa dilakukan pembersihan saat itu juga.

“Kalau ada laporannya kan bisa langsung kita siapakah armada, biar bisa langsung diangkat,” lanjut Nelson Da Silva.

BACA JUGA: Tanah Milik Yayasan SMP Semangat Genta Rokhani Depok Digugat Ahli Waris

Namun, pihaknya mengaku akan menurunkan petugas untuk membersihkan sampah sisa aksi yang dilakukan PT Pupuk Kaltim.

“Tapi meski demikian kami akan bersihkan sampah yang tersisa,” kata Nelson Da Silva.

Diberitakan sebelumnya, ramai-ramai aksi bebersih sampah di media sosial memang sedang hype dikalangan masyarakat. Kemarin, Rabu (19 Juli 2023) di Kali Krukut sempat melaksanakan bebersih sampah di sekitar kali Krukut, Kelurahan Krukut, Kecamatan Limo sepanjang 217 meter.

Aksi yang melibatkan sekitar 100 orang warga tersebut sayangnya menimbulkan masalah baru. Puluhan tumpukan sampah sisa kegiatan bersih-bersih bertumpuk di sisi kali, dibungkus dengan plastik hitam.

Menurut Lurah Krukut, Limo, Jamaludin sampah yang telah dibungkus sudah menjadi tanggung jawab DLHK Kota Depok.

“Yang mengangkut DLKH,” kata Jamaludin.

Kegiatan tersebut menurutnya sebagai upaya membersihkan sampah di kali Cabang Barat, karena kawasan kali penuh dengan sampah dan pohon liar. Namun menurutnya, upaya kerja bakti yang dilakukan hanya 217 meter.

Tinggalkan Balasan