Tingkatkan Pendapatan Keluarga, Kader Posyandu Desa Serang Sumedang Hasilkan Kerajinan Boneka dari Limbah Konveksi

JABAR EKSPRES – Kader posyandu Kasih Ibu 2 yang berlokasi di Dusun Serang RT 01 RW 03 Desa Serang, Kecamatan Cimalaka, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat menghasilkan kerajinan boneka dari limbah konveksi untuk menambah pendapatan bagi keluarga.

Hal itu disampaikan Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Desa Serang, Ely Walimah pada saat menjalankan produksi kerajinan boneka di Posyandu Kasih Ibu 2, Desa Serang, Kabupaten Sumedang pada Kamis, 20 Juli 2023.

Lebih lanjut, Ely mengatakan, awalnya ide pembuatan boneka muncul saat dirinya memiliki binaan konveksi. Bingung dengan keberadaan limbahnya, Ely kemudian bertemu dengan Ujang Amor warga Desa Baginda, Kecamatan Sumedang Selatan, yang sudah merintis usaha kerajinan boneka sejak Tahun 1990-an.

BACA JUGA: Terlibat Kecelakaan Maut, 3 Pemotor di Jalan Tanjungsari Sumedang Tewas

“Saya meminta Ujang Amor untuk melatih kader Posyandu yang ada di Desa Serang dan juga ibu-ibu yang ada dilingkungan Posyandu sebanyak 20 orang,” kata Ely Walimah kepada JabarEkspres.com di Posyandu Kasih Ibu 2 pada Kamis, 20 Juli 2023.

Menurutnya, ibu-ibu mengikuti pra pelatihan selama 5 hari di Desa Cimuja, kemudian 2 hari di Desa Serang Kecamatan Cimalaka.

“Alhamdulillah setelah dilakukan pelatihan minggu-minggu kemarin, hari ini ibu-ibu mulai produksi di Posyandu,” katanya.

BACA JUGA: Sambut Tahun Baru Islam 1445 H, Warga Sumedang Gelar Lomba Da’i Cilik

Untuk produksi bonekanya sendiri, lanjut Ely, ada boneka ukuran kecil, besar, ada juga ukuran tergantung pesanan. Untuk harganya sendiri, jika boneka ukuran kecil dijual dengan harga Rp3.500 sampai dengan Rp5 ribu, ukuran besar Rp120 ribu sampai Rp150 ribu.

Selain itu, harga jual juga tergantung kesulitan pembuatannya, karena masing-masing karakter boneka memiliki tingkat kesulitannya sendiri. Rencananya, kata Ely, Posyandu Kasih Ibu 2, menjadi pilot project yang nantinya seluruh Posyandu yang ada di Desa Serang akan melakukan hal yang sama untuk menambah pendapatan keluarga.

“Tujuannya kegiatan ini untuk meningkatkan ekonomi perempuan di dalam keluarga, kader penggeraknya adalah kader posyandu. InshaAllah support dari Pemerintah Desa rencananya akan dikasih satu mesin jahit dari anggaran perubahan Tahun 2023,” kata Ely.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan