Diduga Akibat Korsleting Listrik, Rumah Beserta Seluruh Isinya Milik Warga Sumedang Hangus Terbakar

JABAR EKSPRES – Kebakaran besar menghanguskan rumah milik seorang perempuan berusia sekira 82 tahun bernama Mak Emah, warga Dusun Sukajaya RT 2 RW 7, Desa Pawenang, Kecamatan Jatinunggal, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat pada Selasa, 18 Juli sekitar Pukul 18.30 WIB.

Dugaan sementara yang diungkapkan oleh Kepala Desa Pawenang, Dede Tahya, bahwa kobaran api yang membakar rumah milik Mak Emah warga Kecamatan Jatinunggal Kabupaten Sumedang tersebut diduga berasal dari korsleting arus listrik.

“Api diduga berasal dari korsleting listrik. Alhamdulilah tidak ada korban jiwa, hanya saja rumah ludes dilahap api,” katanya saat dimintai konfirmasi oleh JabarEkspres.com pada Selasa, 18 Juli 2023.

BACA JUGA: Dandim 0610/Sumedang Kunjungi Koramil 1004/Tanjungsari, Sekaligus Tinjau UMKM Unggulan

Lebih lanjut Dede menerangkan, berdasarkan keterangan korban, awal kebakaran diketahui korban ketika saat sedang menonton televisi dan mendengar suara percikan di bagian atap belakang rumah dan seketika terlihat api telah membakar bagian belakang rumah atau dapur rumah itu sendiri.

Pada saat itu juga, lanjut Dede, korban langsung mencabut kabel televisi dan dibawa keluar rumah sambil meminta pertolongan warga terdekat.

“Api berhasil dipadamkan oleh tim sekira pukul 19.45 WIB, melibatkan pemerintahan Desa pawenang beserta masyarakat sekitar dibantu personil Polsek Jatinunggal dan petugas kebakaran dari UPT Damkar Darmaraja, Pusdalops BPBD Kab Sumedang,” katanya.

“Akibat kebakaran itu juga, pemilik rumah mengalami kerugian berupa uang Rp12 juta, Emas 82 gram serta padi 4 kwintal berikut isi rumah habis terbakar dengan kerugian materi lebih kurang Rp50 juta. Dan untuk pemilik rumah dibawa oleh sanak saudaranya untuk tinggal sementara,” lanjutnya.

Dede menambahkan, saat ini di lokasi kejadian kebakaran telah dipasang police line oleh Personil Polsek Jatinunggal, karena belum ditemukan barang berharga berupa uang dan emas. (mg11)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan