Akses Jalan Terganggu Imbas Kecelakaan Kereta Api 112 Brantas, PT KAI Sampaikan Permohonan Maaf

JABAR EKSPRESPT KAI (Kereta Api Indonesia) mengungkapkan permohonan maaf atas gangguan perjalanan kereta api 112 Brantas di JPL 6 Petak Jalan Jerakah – Semarang Poncol, Jawa Tengah pada Selasa, 18 Juli 2023. Seperti diketahui bahwa kereta tersebut sempat menambrak Truk Tronton yang mogok di perlintasan sekira pukul 19.32 WIB.

PT KAI pun mengumumkan melalui keterangan resminya, bahwa telah terjadi temperan antara kereta api 112 Brantas relasi Pasar Senen – Blitar dengan Truk Tronton pada JPL 6 Km 1+523 petak jalan Jerakah – Semarang Poncol. Akibat kejadian tersebut, Lokomotif kereta api 112 Brantas mengalami kebakaran dan 2 jalur kereta api pada petak Jerakah – Semarang Poncol sempat tidak bisa dilalui.

Manager Humas KAI Daop 4 Semarang, Ixfan Hendri Wintoko menyampaikan bahwa saat ini, api pada lokomotif sudah berhasil dipadamkan. Untuk rangkaian kereta eksekutif 2 ke belakang, saat ini sudah berhasil diamankan dan ditarik mundur menuju Stasiun Jerakah.

BACA JUGA: Update Kecelakaan Kereta Api 112 Brantas dan Truk Muatan Besar di Semarang, PT KAI Pastikan Akses Jalan Sudah Dapat Dilalui

Sebagai informasi, kereta api 112 Brantas membawa 4 kereta kelas eksekutif, 6 kereta kelas ekonomi, dan 1 kereta pembangkit. Adapun kondisi masinis dan asisten masinis dalam kondisi selamat, serta para penumpang tidak ada yang terluka.

Untuk perjalanan kereta api, sampai saat ini ada 6 perjalanan KA Penumpang yang mengalami keterlambatan yaitu kereta api 112 Brantas, kereta api 178 Kamandaka, kereta api 199F Kaligung, kereta api 111 Brantas, kereta api 129 Gumarang, kereta api 220 Kertajaya.

BACA JUGA: Video Detik-detik Kereta Api di Semarang Tabrak Truk Tronton Hingga Meledak

Dengan demikian pihak PT KAI menyampaikan permohonan maaf atas adanya gangguan perjalanan KA yang terjadi hingga menghambat jadwal perjalanan lainnya.

“Kami atas nama Manajemen KAI mengucapkan permohonan maaf kepada para pelanggan karena terganggunya perjalanan dan pelayanan kereta api akibat adanya kejadian ini,” kata Ixfan dalam keterangan resminya, dikutip JabarEkspres.com pada Rabu, 19 Juli 2023.

Sementara itu, saat ini PT KAI telah melakukan berbagai upaya untuk normalisasi di jalur kereta api agar perjalanan KA kembali normal. Bahkan pihaknya menyatakan bahwa bangkai Truk Tronton sudah dievakuasi dan kereta api 112 Brantas pun berhasil diamankan. (*)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan