Siti Badriah Terkena Kelenjar Getah Bening, Lalu Apa Kelenjar Getah Bening Itu?

JABAR EKSPRES- Pedangdut Siti Badriah menceritakan tentang kondisi kesehatannya yang sebelumnya menderita tumor kelenjar getah bening di bagian ketiak kanan. Pada awalnya, ia menganggap benjolan tersebut hanya sebagai jerawat biasa.

Siti Badriah mengungkapkan kejutannya saat menyadari bahwa benjolan tersebut terus membesar. Oleh karena itu, ia memutuskan untuk berkonsultasi dengan seorang dokter dan dianjurkan untuk menjalani operasi guna mengatasi penyakit yang dideritanya.

Pada awalnya, Siti Badriah kurang memperhatikan benjolan tersebut karena ia menganggapnya sebagai jerawat. “Namun, benjolan tersebut semakin membesar dari waktu ke waktu. Saat mencapai ukuran besar, saya sudah tidak tahan lagi. Oleh karena itu, saya memutuskan untuk pergi ke dokter,” ujar Siti Badriah ketika ditemui di Kuningan, Jakarta Selatan pada hari Senin (17/7/2023).

BACA JUGA: Siti Badriah Terkejut Temukan Tumor Kelenjar Getah Bening pada Ketiaknya

“Benjolan tersebut awalnya kecil seperti jerawat, namun pada bulan kedua, ukurannya semakin besar. Meskipun begitu, menjelang perayaan Idul Adha, saya tidak terlalu memperhatikannya karena saya berharap benjolan itu akan hilang dengan sendirinya. Namun, benjolan tersebut semakin cepat tumbuh. Hari ini, ukurannya besar dan besoknya semakin besar lagi,” ungkap Siti Badriah.

“Saat operasi dilakukan, bagian dekat ketiak saya dijahit di ujung-ujungnya. Di bagian tengahnya, dipasang selang untuk mengeluarkan nanah,” jelas Siti Badriah.

Setelah berkonsultasi dengan dokter, diketahui bahwa benjolan tersebut adalah tumor kelenjar getah bening. Oleh karena itu, diputuskan untuk melakukan operasi pengangkatan tumor tersebut. Hal ini dilakukan karena dokter khawatir benjolan baru akan tumbuh dari sisa-sisa tumor kelenjar getah bening yang masih ada.

BACA JUGA: Siti Badriah Mengidap Kelenjar Getah Bening di Ketiak, SIBAD: Awalnya Kecil Kaya Jerawat

“Namun, kemarin hasil pemeriksaan menunjukkan bahwa sudah bersih,” tambah Siti Badriah.

Lalu, apa sebenarnya kelenjar getah bening itu?

Menurut laporan Healthline, kelenjar getah bening adalah saluran dalam tubuh yang mirip dengan pembuluh darah yang berfungsi menyaring getah bening dan mengandung sel darah putih.

Kelenjar getah bening terdapat di seluruh tubuh, terutama di bawah kulit seperti di area ketiak, bawah rahang, di atas tulang selangka, di kedua sisi leher, dan di kedua sisi selangkangan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan