Sebelum Magrib, Jangan Lupa Baca Doa Akhir Tahun dan Awal Tahun Baru Islam 1 Muharam 1445 Hijriyah

JABAR EKSPRES – Menjelang pergantian tahun yang hanya tinggal hitungan jam, jangan lupa untuk memanjatkan doa akhir tahun dan awal tahun baru Islam 1 Muharam 1445 Hijriyah, agar mendapatkan keutamaannya.

Sesuai dengan penanggalan hijriyah, dimana pergantian hari bukan pada pukul 00.00 malam, melainkan di waktu petang sebelum magrib, sehingga pergantian tahun juga akan berlangsung pada Selasa 18 Juli 2023 atau 1 Muharam 1445 di waktu sebelum Magrib.

Sebagai umat islam yang beriman, waktu pergantian tahun Hijriyah menjadi moment penting yang harus dimanfaatkan untuk membaca doa, yakni doa akhir tahun dan doa awal tahun.

Karenanya, sebelum magrib nanti, sebaiknya bersama-sama untuk membaca doa akhir tahun agar segala dosa yang pernah dilakukan di tahun sebelumnya bisa di ampuni oleh Allah.

Baca juga : 20 Ucapan Selamat Tahun Baru Islam 1 Muharam 1445 H, Penuh Doa dan Semangat Mengajak Kebaikan

Adapun doa akhir tahun yang bisa di bacakan pada pergantian tahun nanti adalah sebagai berikut :

Doa akhir tahun yang dianjurkan Rasulullah SAW, ini dibaca sebanyak 3 kali sebelum maghrib pada hari terakhir bulan Dzulhijjah.

اَللّٰهُمَّ مَا عَمِلْتُ مِنْ عَمَلٍ فِي هٰذِهِ السَّنَةِ مَا نَهَيْتَنِي عَنْهُ وَلَمْ أَتُبْ مِنْهُ وَحَلُمْتَ فِيْها عَلَيَّ بِفَضْلِكَ بَعْدَ قُدْرَتِكَ عَلَى عُقُوْبَتِيْ وَدَعَوْتَنِيْ إِلَى التَّوْبَةِ مِنْ بَعْدِ جَرَاءَتِيْ عَلَى مَعْصِيَتِكَ فَإِنِّي اسْتَغْفَرْتُكَ فَاغْفِرْلِيْ وَمَا عَمِلْتُ فِيْهَا مِمَّا تَرْضَى وَوَعَدْتَّنِي عَلَيْهِ الثَّوَابَ فَأَسْئَلُكَ أَنْ تَتَقَبَّلَ مِنِّيْ وَلَا تَقْطَعْ رَجَائِيْ مِنْكَ يَا كَرِيْمُ

Allâhumma mâ ‘amiltu min ‘amalin fî hâdzihis sanati mâ nahaitanî ‘anhu, wa lam atub minhu, wa hamalta fîhâ ‘alayya bi fadhlika ba‘da qudratika ‘alâ ‘uqûbatî, wa da‘autanî ilat taubati min ba‘di jarâ’atî ‘alâ ma‘shiyatik. Fa innî astaghfiruka, faghfirlî wa mâ ‘amiltu fîhâ mimmâ tardhâ, wa wa‘attanî ‘alaihits tsawâba, fa’as’aluka an tataqabbala minnî wa lâ taqtha‘ rajâ’î minka yâ karîm.

Artinya, “Tuhanku, aku meminta ampun atas perbuatanku di tahun ini yang termasuk Kau larang-sementara aku belum sempat bertobat, perbuatanku yang Kau maklumi karena kemurahan-Mu-sementara Kau mampu menyiksaku, dan perbuatan (dosa) yang Kau perintahkan untuk tobat-sementara aku menerjangnya yang berarti mendurhakai-Mu. Tuhanku, aku berharap Kau menerima perbuatanku yang Kau ridhai di tahun ini dan perbuatanku yang terjanjikan pahala-Mu. Janganlah kau membuatku putus asa. Wahai Tuhan Yang Maha Pemurah.”

Baca juga : Kapan Tahun Baru Islam 1 Muharam 1445 Hijriyah, Ini Sejarah dan Amalan Sunahnya

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan