Rahasia Doa dan Amalan Umur Panjang dan Berkah dalam Islam

JABAR EKSPRES – Setiap manusia di dunia ini mengetahui bahwa umurnya telah di tentukan oleh kehendak Allah SWT. Namun, tak selalu umur seseorang akan tercabut ketika usianya senja. Kita mengenal banyak pula contoh orang yang usianya tak panjang. Sungguh, rahasia doa panjang umur ada di tangan Allah SWT.

Namun demikian, sebagai manusia, tugas kita adalah mempersiapkan amal kebaikan sepanjang hidup di dunia, agar nantinya menjadi bekal ketika menghadap-Nya di akhirat. Menggunakan umur yang di karuniakan Allah SWT dengan sebaik-baiknya, yakni dengan melakukan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya.

Baca juga : 10 Amalan di Bulan Muharram untuk Menyambut Tahun Baru Hijriyah

Sahabat Dream, kita boleh berdoa kepada Allah SWT untuk memohon agar di beri umur yang panjang, namun jangan lupa juga untuk memohon agar umur panjang tersebut di berkahi. Dengan demikian, setiap tahun umur yang di berikan tak akan sia-sia, melainkan selalu terpakai untuk berjalan di jalan-Nya.

Inilah doa yang bisa diamalkan setiap hari agar diberikan umur yang panjang:

اللَّهُمَّ أكْثِرْ مَالِي، وَوَلَدِي، وَبَارِكْ لِي فِيمَا أعْطَيْتَنِي وَأطِلْ حَيَاتِي عَلَى طَاعَتِكَ، وَأحْسِنْ عَمَلِي وَاغْفِرْ لِي

Artinya: ” Ya Allah, perbanyaklah harta dan anakku, dan berkahilah karunia yang telah Engkau berikan kepadaku. Panjangkanlah umurku dalam ketaatan kepada-Mu dan baguskalah amalanku dan ampunilah dosa-dosaku.

Selain berdoa, terdapat beberapa amalan yang dapat kita lakukan untuk mendapatkan umur yang panjang dan penuh berkah. Pertama, kita harus berusaha memiliki akhlak yang baik, sebab Rasulullah saw bersabda bahwa tak ada amalan yang lebih berat di timbangan daripada akhlak yang mulia.

Kemudian, jalinlah silaturahmi dengan rajin. Menjaga hubungan baik dengan keluarga maupun tetangga. Dalam hadis di sebutkan, siapa yang ingin di lapangkan rezekinya dan di beri umur panjang, hendaknya dia menjaga tali silaturahmi.

Tak kalah penting, kita harus berbuat baik kepada tetangga. Mereka adalah saudara terdekat yang akan membantu dan mendukung kita dalam situasi apa pun. Rasulullah saw menyampaikan bahwa berbuat baik kepada tetangga dapat memanjangkan umur dan memakmurkan negeri.

Baca juga : Inilah Bacaan Sholawat Jibril Untuk Kekayaan, Biar Kaya Makin Berkah!

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan