Ketahui 5 Manfaat Dalam Teh Hitam Bagi Kesehatan Tubuh!

JABAR EKSPRES – Berbagai macam dan jenis teh yang ada di Indonesia, salah satunya adalah teh hitam yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Jika kamu ingin mengetahui apa saja manfaat bagi kesehatan tubuh jika mengonsumsi teh ini, maka kamu bisa terus menyimak pembahasannya dalam artikel ini hingga akhir.

Berbagai jenis teh yang banyak di konsumsi sendiri diantaranya teh hitam, teh hijau, teh putih, teh oolong, teh melati, earl grey, teh jahe, dan masih banyak jenis teh lain.

Berikut di bawah ini dijelaskan apa saja manfaat yang ada dalam kandungan teh hitam.

Manfaat Teh Hitam

  • Menambah energi

Teh hitam diketahui memiliki kandungan kafein dan asam amino L-theanin yang dapat meningkatkan kewaspadaan dan juga yang mengonsumsinya menjadi lebih fokus.

Selain itu kandungan L-theanin juga berguna untuk meningkatkan aktivitas pada otak, memberikan relaksasi.

Baca Juga: Ketahui 3 Buah Penurun Panas dan Demam!

  • Melancarkan pencernaan

Terdapat kandungan tanin dan polifenol pada teh hitam yang dapat membantu melancarkan pencernaan, terlebih lagi pada bagian usus dan juga lambung seperti peradangan usus dan juga batu ginjal.

Sifat antimikroba yang terdapat dalam teh hitam dapat mematikan zat berbahaya dalam tubuh sekaligus dapat memperbaiki lapisan saluran pencernaan.

  • Menurunkan kadar gula darah

Manfaat dari teh hitam juga diketahui dapat menurunkan kadar gula darah dengan meningkatkan kadar insulin.

Dengan mengkonsumsi teh hitam kamu dapat mencegah peningkatan kadfar gula darah, karena kadar gula yang tinggi dapat berisiko terhadap kesehatan seperti obesitas, gagl ginjal, depresi, hingga sakit jantung.

  • Mencegah kanker

Teh hitam diketahui memiliki senyawa antioksidan berupa polifenol yang dapat mencegah pertumbuhan sel kanker. Namun, hal ini masih perlu dilakukan penelitian lebih lanjut agar keefektifannya dapat dipastikan.

Baca Juga: Buah Penurun Kolesterol Berdasarkan Surat Dalam Al-Qur’an!

  • Mencegah risiko serangan jantung

Mengonsumsi Teh hitam dapat bermanfaat bagi tubuh untuk mencegah adanya penyakit kardiovaskular dan serangan jantung.

Selain itu teh hitam juga memiliki senyawa antioksidan berupa flavonoid yang dapat membantu mencegah risiko serangan jantung.

Tinggalkan Balasan