5 Rekomendasi Makanan Untuk Diet Asam Urat!

JABAR EKSPRES – Asam urat sering menjadi keluhan beberapa penderitanya karena terdapat banyak pantangan yang perlu dihindari, berikut ini jenis makanan diet yang baik bagi tubuh.

Asam urat sendiri merupakan sebuah penyakit yang berarti radang sendi, asam urat sendiri terjadi karena adanya penumpukan kristal asam urat.

Berikut ini beberapa jenis makanan yang baik dikonsumsi untuk diet asam urat, diantanya:

Makanan Penurun Asam Urat

  • Sayur-sayuran

Sayuran sendiri diketahui memiliki banyak manfaat yang baik bagi tubuh. Namun, bagi penderita asam urat perlu memperhatikan beberapa sayuran yang memiliki kandungan yang dipantang bagi penderita asam urat seperti sayuran bayam dan asparagus.

Beberapa rekomendasi sayuran yang baik untuk dikonsumsi oleh penderita asam urat diantaranya wortel, tomat, brokoli, kentang, timun, dan masih banyak lainnya.

Baca Juga: Ketahui 5 Manfaat Dalam Teh Hitam Bagi Kesehatan Tubuh!

  • Kacang-kacangan

Beberapa jenis kacang-kacangan yang dapat dijadikan sebagai diet asam urat diantaranya ada kacang polong, buncis, dan kacang lentil, diketahui bahwa beberapa jenis kacang ini memiliki kandungan protein nabati tinggi yang baik bagi tubuh.

  • Pisang

Salah satu buah yang baik dikonsumsi untuk menurunkan asam urat adalah bua pisang. Diketahui bahwa pisang memiliki kandungan kalium tinggi yang dapat mencegah pembentukan kristal asam urat dalam tubuh.

Selain itu pisang juga dapat mencegah pengerasan kristal, dengan begitu krisal dapat dikeluarkan dengan mudah oleh ginjal.

Baca Juga: Selain Lezat, Ketahui Beberapa Manfaat Ikan Shisamo Bagi Tubuh!

  • Susu rendah lemak

Bebebrapa produk olahan susu seperti keju dan yogurt memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh.

Kandungan protein yang ada dalam susu rendah lemak memiliki manfaaat yang dapat melancarkan pembuangan asam urat dengan melalui urine, maka dengan begitu kadar asam urat akan menurun.

  • Ceri

Buah lain yang dapat dikonsumsi untuk diet asam urat adalah ceri. Ceri merupakan buah yang memiliki kandungan antosianin yang bersifat antioksidan dan antiinflamasi.

Kandungan yang dimiliki tersebut dapat membantu menurunkan kadar asam urat dan juga dapat meredakan nyesi pada sendi.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan