5 Kebiasaan Kecil Sebelum Berangkat Sekolah yang Meningkatkan Produktivitas Belajar

JABAR EKSPRES – Memulai tahun ajaran baru, selalu memiliki banyak tantangan terutama bagi orang tua. Karena anak sudah terbiasa bangun siang saat liburan, maka untuk kembali pada kebiasaan bagun pagi sangatlah susah. Itu hanya salah satu dari keluhan orang tua, padahal ada kebiasaan kecil sebelum berangkat sekolah yang bisa meningkatkan semangat dan produktivitas anak untuk belajar.

Menumbuhkan semangat anak di hari-hari pertama masuk sekolah memang kadang membuat orang tua sampai stress, apalagi bila anak mulai rewel dan menolak untuk berangkat sekolah. Karenanya ada rekomendasi untuk melakukan kebiasaan sebelum berangkat sekolah berikut ini agar anak menjadi semangat tanpa harus kita bersuah payah menyuruhnya.

Memulai hari sekolah dengan kebiasaan yang baik dapat memberikan dampak positif pada semangat dan produktivitas belajar. Dengan mengimplementasikan beberapa kebiasaan kecil sebelum berangkat sekolah, para siswa dapat meningkatkan konsentrasi, fokus, dan efisiensi belajar mereka.

5 kebiasaan ini tidak hanya dilakukan siswa atau anak yang belajar, namun juga membutuhkan kerjasama dari orang tua. Sehingga akan membentuk kebiasaan baik yang tidak merepotkan semua pihak.

Baca juga : Potret Hari Pertama Masuk Sekolah, Sekolah Komitmen Hilangkan Bully dan Perpeloncoan pada Siswa

Berikut lima kebiasaan kecil yang dapat membantu meningkatkan semangat dan produktivitas belajar para siswa sebelum berangkat sekolah.

1. Bangun Pagi dan Menyiapkan Diri Secara Teratur

Membangun kebiasaan untuk bangun pagi dan menyiapkan diri dengan teratur membantu mengatur waktu dengan baik dan memberikan kesempatan untuk mempersiapkan diri secara fisik dan mental sebelum berangkat sekolah.

Hal ini dapat mencakup mandi, berpakaian dengan rapi, sarapan sehat, dan merapikan peralatan sekolah. Menurut penelitian yang dilakukan oleh penulis buku “The Power of Habit,” Charles Duhigg, kebiasaan yang teratur membantu meningkatkan produktivitas dan kedisiplinan.

2. Tetapkan Tujuan dan Membuat Rencana Harian atau To Do List

Sebelum berangkat sekolah, siswa dapat mengambil waktu sejenak untuk menetapkan tujuan dan merencanakan kegiatan harian mereka. Hal ini membantu mengarahkan pikiran dan memberikan fokus pada tugas dan aktivitas yang perlu diselesaikan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan