Akui Sempat Gagal, Warga Sumedang Ini Mantap Berencana Kembangkan Bisnis Anggur Selepas Pensiun

JABAR EKSPRES – Seorang anggota Polsek Sumedang Selatan, Asep (54) mempersiapkan masa pensiunnya dengan budidaya tanaman anggur. Ia mantap menjadi petani anggur.

Sebelumnya, Asep beranggapan bahwa menanam buah anggur membutuhkan waktu yang lama bahwa jarnag berhasil. Namun, hal itu ia buktikan melalui budidaya tanaman anggur yang bahkan ia berencana untuk menjadi petani anggur selepas pensiun nanti.

Seperti diketahui bahwa tidak sedikit orang yang menganggap bahwa menanam bauah anggur tidaklah mudah. Akan tetapi, sejumlah orang justru membuktikan bahwa budidaya anggur menjanjikan dan bisa dijadikan sebagai bisnis.

BACA JUGA: Sukses Tanam Anggur di Rumah, Haris Warga Sumedang Kini Mulai Lebarkan Sayap di Dunia Bisnis

Lebih lanjut, Asep mengaku bahwa dirinya sempat mengalami kegagalan dalam melakukan kegiatan tersebut. Namun ia tak gentar dan justru kembali mencobanya.

“Ya memang banyak orang yang bilang susah, padahal apapun akan susah kalau tidak mengerti ilmunya. Saya ini dulu mencoba menanam dan gagal, tapi dari gagal justru saya belajar,” katanya kepada JabarEkspres.com pada Kamis, 13 Juli 2023.

Asep juga membeberkan sedikit tips untuk menanam tanaman anggur akan bisa tumbuh dengan baik, terlebih jika budidaya tersebut hendak dikembangkan menjadi bisnis.

BACA JUGA: 9 Langkah Budidaya Tanaman Anggur, Bisnis Menjanjikan Hasilkan Cuan

“Intinya gini, menanam anggur itu diperlukan sentuhan, artinya kita sebagai petaninya itu perlu melakukan potes pucuk dan atau pruning. Jadi perlu disentuh, gak bisa menanam terus dibiarkan hanya cukup di siram-siram saja,” katanya.

“Saya kasih tahu caranya, kita belajar bareng. Soalnya menanam anggur itu mudah dan bisa jadi bisnis yang menjanjikan. Di sini saja, beberapa warga sudah ada yang berani membeli 100 ribu per kilo petik sendiri anggurnya,” lanjutnya.

Bahkan, Asem mengaku bahwa menanam anggur dinilai lebih irit daripada mengurus ikan dan ayam. Selain itu, ia mengatakan bahwa perawatan tanaman tersebut tidak ribet.

“Kalau dibandingkan dengan mengurus ikan dan ayam, menanam anggur dengan segala perawatanya bisa memangkas modal setengahnya bahkan lebih irit. Perawatan gak ribet, santai dan lebih dapat dinikmati. Maka lahan ini semua akan dijadikan kebun anggur nanti,” katanya memungkasi.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan