Traffic Penumpang Bandara Husein Sastranegara Membaik Bisa Tembus Angka 2.540 dengan 19 Penerbangan

JABAR EKSPRES, BANDUNG – Bandara Husein Sastranegara Bandung tentunya bakal terdampak dengan pemindahan sejumlah penerbangan ke Bandara Kertajati Oktober mendatang. Padahal traffic penumpang dan penerbangan saat ini sedang mulai pulih usai pandemi Covid – 19.

Executive General Manager PT Angkasa pura II Bandara Husein Sastranegara Bandung, R Indra Crisna Seputra mengungkapkan, saat pandemi Covid – 19 tentunya kondisi penerbangan di bandara cenderung menurun. Selepas covid, trend penumpang juga berangsur membaik walaupun masih belum menyamai rekor kondisi sebelum pandemi.

BACA JUGA : Setelah dari Pasar Cihapit, Presiden Jokowi Kunjungi Stadion Si Jalak Harupat Cek Persiapan Piala Dunia U-17

Indra mencatat, selama 2023 hingga 10 Juli lalu setidaknya penumpang harian sudah bisa tembus angka 2.540, dan dengan 19 penerbangan harian.

“Membaik walau belum menyamai kondisi sebelum covid,” tuturnya kepada Jabar Ekspres.

Indra menguraikan, di 2018 atau sebelum pandemi covid, jumlah penumpang bisa tembus 10 ribu sehari dengan traffic penerbangan harian tertinggi 18 kali.

“Dari jumlah penerbangan bisa melebihi, tapi dari penumpang memang belum,” katanya.

Menurut Indra, Bandara Husein tentunya bakal terdampak rencana pemindahan sejumlah penerbangan ke Bandara Kertajati. Khususnya penerbangan pesawat komersil jenis jet. Karena memang penerbangan jenis itulah yang bakal digeser ke Bandara yang ada di Majalengka itu.

BACA JUGA : Usai Tinjau Stadion Si Jalak Harupat, Presiden Jokowi Puji Erick Thohir Terkait Seleksi Timnas U-17 di Bandung

Selama ini memang ada sejumlah rute pesawat komersil tipe jet yang dilayani di Bandara Husein. Di antaranya, Denpasar, Kualanamu, Balikpapan, Batam, Palembang, hingga Banjarmasin.

“Yang terdampak pasti rute-rute tersebut,” cetusnya.

Masih kata Indra, terkait rute baru yang akan berlaku di Kertajati, pihak Angkasa Pura tentu bakal menyerahkan ke masing-masing maskapai.

“Kami serahkan ke mereka, masing – masing juga punya pertimbangan market,” tuturnya.

Berdasar data husainsastranegaraairport.co.id memang ada sejumlah maskapai yang melayani penerbangan di bandara itu. Yakni, Wings Airline, Citilink Indonesia, Super Air Jet, Air Asia Indonesia.(son)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan