Target Piala Dunia U-17, Jokowi Perintahkan Ini ke Erick Thohir untuk Timnas U-17

JABAR EKSPRES – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan tantangan besar kepada Ketua Umum PSSI, Erick Thohir perihal Timnas Indonesia U-17 dalam Piala Dunia U-17.

Jokowi berharap besar agar Timnas Indonesia berhasil mencapai final Piala Dunia U-17. Hal tersebut tentunya akan menjadi pencapaian yang luar biasa.

“Tadi Presiden (Jokowi) meminta (Timnas Indonesia U-17) lolos ke final (Piala Dunia U-17). Itu target tertinggi. Karena itu, khusus mencari 22 pemain terbaik kami menjalankan program Talenta Garuda sebagai seleksi pemain tim nasional Indonesia U17,” ungkap Erick.

Untuk mendapatkan skuad terbaik, program seleksi ini akan menyasar tim-tim di Liga 1 dalam mendapatkan 22 pemain terbaik yang layak merumput di Piala Dunia U-17.

“Program ini melibatkan 10 klub Liga 1 dari berbagai kota yang bertindak sebagai host seleksi dan juga direktur teknik PSSI, serta Asprov untuk mencari bakat-bakat terbaik yang tersebar di penjuru Indonesia,” terang Menteri BUMN itu.

BACA JUGA: Apresiasi Permainan Timnas Indonesia di FIFA Match Day, Presiden Jokowi: Bisa Imbangi Argentina

Untuk proses seleksi 22 pemain terbaik timnas Indonesia U-17, Erick Thohir menggandeng beberapa mantan pemain timnas Indonesia, antara lain Bima Sakti, Rulley Nerre, Budi Sudarsono, Firman Utina, Firmansyah, dan Indriyanto, yang juga turut berperan sebagai pelatih Timnas U-17.

“Talenta Garunda adalah program kolaborasi antara klub Liga 1, PSSI dan Asprov. Klub Liga 1 memanggil calon pemain sesuai kebutuhan pelatih dan mempersiapkan hal-hal teknis seleksi,” tambah Erick.

Adapun peran PSSI adalah menjadi mercusuar yang mengarahkan pihak perektrut dalam mendapatkan pemain terbaik dari pelbagai daerah.

“Lalu PSSI menjadi koordinatornya dan pemandu bakat, serta Asprov bersama direktur tekniknya memangil pemain SSB, klub atau sekolah di daerahnya, sekaligus mendampingi. Kita sinergi mencari 22 pemain terbaik,” terangnya.

BACA JUGA: Timnas Indonesia Dipuji Jokowi Hingga Lionel Scaloni

Dalam seleksi pemain terbaik timnas Indonesia U17, terdapat beberapa kriteria yang harus dipenuhi sesuai dengan spesifikasi atau karakter yang dibutuhkan oleh Bima Sakti.

Beberapa kriteria tersebut meliputi aspek mental, postur tubuh dengan kisaran antara 170-185 cm, kemampuan otot, skill, kemampuan kognitif, tingkat disiplin, koordinasi yang optimal, dan nilai VO2max dengan rata-rata 60-65.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan