Penerbangan Komersil Bandara Husein Sastranegara Bakal Dipindahkan ke Kertajati, Pengamat Ekonomi Unpas: Berdampak Positif bagi Kota Bandung

JABAR EKSPRES – Pada Bulan Oktober 2023 nanti, Pemerintah Pusat melalui Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melakukan pengalihan penerbangan komersial dari Bandara Husein Sastranegara Kota Bandung, ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati.

Menanggapi hal itu, Pengamat Ekonomi dari Universitas Pasundan (Unpas), Acuviarta Kartabi menyebut bahwa langkah yang diambil oleh Pemerintah Pusat dinilai akan berdampak positif bagi pertumbuhan ekonomi di Kota Bandung.

Sebab Acu, sapaan akrab Acuviarta Kartabi menjelaskan, bahwa nantinya kunjungan pariwisata ke Kota Bandung khusus dari luar negri juga, dinilai akan mengalami peningkatan.

BACA JUGA: Plh Wali Kota Bandung Ema Sumarna Ungkap Tak Semua Penerbangan Pindah ke Bandara Kertajati

“Karena selama ini kan orang kalau mau ke Bandung itu agak susah dan penerbangannya juga sedikit melalui Husein (bandara). Nah nanti melalui Kertajati, saya kira akan lebih banyak lagi pilihannya karena dapat menjangkau juga pasar Cirebon raya, termasuk mungkin sebagian Jawa tengah,” katanya saat dihubungi JabarEkspres.com pada Rabu, 12 Juli 2023.

Selain itu, ekonomi transportasi darat juga, kata Acu, akan mengalami peningkatan yang cukup signifikan di kota Bandung.

“Jalur darat bisa jadi solusi, kan transportasi dari Kertajati ke Bandung juga saya kira bisa tumbuh seperti travel, atau lain sebagainya. Jadi saya enggak khawatir akan berdampak terhadap ekonomi Kota Bandung,” katanya.

BACA JUGA: Peresmian Tol Cisumdawu di Sambut Baik Warga, Menhub Budi Karya: Bisa Jadi Akses Mudah Tempuh Bandara Kertajati

Sehingga, dengan adanya pemindahan penerbang komersil dari Bandara Husein ke Kertajati, Acu menuturkan akan berdampak positif.

“Justru saya melihat bahwa ini (pemindahan penerbangan) akan lebih positif untuk dampaknya. Karena tingkat kunjungan (pariwisata juga) nanti akan jauh lebih banyak termasuk dari luar negeri karena, Bandara Kertajati juga saya kira mempuni untuk traffic penerbangan yang lebih besar (internasional),” lanjutnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi menyebut bahwa Pemerintah Pusat akan segera melakukan pemindahan penerbangan komersil dari Bandara Husein Sastranegara Kota Bandung ke BIJB Kertajati.

Bahkan Hal itu dikeluarkan, seiiring dengan telah diresmikannya Tol Cisumdawu pada Selasa, 11 Juli 2023 kemarin.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan