Baru Tahu, Ternyata ini Adab Berdzikir dan Berdoa yang Benar, Agar Cepat Dikabulkan

JABAR EKSPRES – Berdzikir dan berdoa ternyata ada adabnya. Bagi umat muslim, dianjurkan untuk merutinkan dzikir pada pagi dan petang, sementara berdoa, bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja.

Sama halnya dengan berdoa, sesungguhnya berdzikir juga bisa dilakuikan dimana saja dan kapan saja. Arti kata Dzikir adalah mengingat sehingga Dzikrullah adalah mengingat Allah, yang berarti bisa dilakukan kapanpun juga.

Di Indonesia, dzikir diartikan dengan melakukan puji-pujian terhadap kebesaran Allah. Sedangkan doa adalah harapan dan juga keinginan yang dipanjatkan kepada Allah SWT.

Dzikir dan doa merupakan bagian dari ibadah, karenanya Allah sudah mengatur dengan jelas tatacaranya termasuk adab yang harus dilakukan. Hal ini sangat berpengaruh pada cepat atau lambatnya sebuah doa akan dikabulkan.

Jika dilakukan sesuai adab bukan hanya pahala sebagai ibadah sunnah yang akan didapatkan oleh seorang muslim, namun juga keutamaan lainnya.

Adab Berdzikir dan Berdoa yang Benar

Dilansir dari laman islam.nu.or.id, berikut ada adab berdzikir dan berdoa yang benar menurut Sayyid Utsman al-Batawi, yaitu:

1. Utamakan yang Wajib dulu baru yang Sunnah

Dzikir dan doa termasuk dalam golongan ibadah sunah atau sebagai pelengkap dari ibadah lain. Meski begitu sangat dianjurkan untuk dilakukan secara rutin terutama setelah selesai melakukan ibadah wajib, misalnya sholat fardhu.

Baca juga : Sulit Menemukan Jodoh ? Coba Aplikasikan Do’a Ini 

2. Jangan Mengganti, Huruf, Bahasadan Lainnya

Seperti halnya bacaan saat sholat atau ibadah lain, bahasa arab mengandung aturan dan pemahaman yang cukup ketat. Walaupun makna doa, dan kitab seperti Al Quran memang menggunakan makna yang luas dan juga mendalam.

Hal ini yang menyebabkan ada baiknya dzikir dan doa juga tidak diperkenankan mengganti huruf, bahasa dan hal lainnya. Agar arti tidak berubah dan makna dari doa ataupun dzikir tersebut juga tidak berubah.

3. Memahami Artinya

Memahami arti dan makna dari doa serta dzikir merupakan hal besar yang wajib dipahami. Bukan tanpa alasan, namun rasanya percuma jika mengajukan permintaan, doa dan juga harapan namun kita tidak memahami arti nya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan