Marak Artis Buka Hijab, Ini Hukumnya Membuka Aurat dalam Islam

JABAR EKSPRES – Keputusan beberapa artis yang tadinya mengenakan hijab kini membuka atau melepas hijabnya banyak menjadi sorotan di media sosial. Seperti yang tengah Viral, Nathalie Holscher yang mengunggah videonya di Instagram dengan rambut panjang tanpa menutup kepalanya. Seperti apa hukumnya buka tutup hijab seperti yang dilakukan para artis tersebut.

Bukan hanya Nathalie Holscher, aksi buka hijab oleh artis juga pernah dilakukan beberapa selebritis lain seperti Rina Nose, Marshanda, Rossa dan beberapa artis lainnya. Namun tidak sedikit pula yang istiqomah dengan hijabnya hingga sekarang.

Pada dasarnya Hijab sesuai dengan artinya adalah penghalang, yakni sebuah aturan dalam Islam yang mewajibkan perempuan muslim untuk mengenakannya sebagai pelindung untuk menutup aurat atau penghalang dari kemaksiatan.

Karena Perempuan dalam islam sangat dimuliakan, sehingga penggunaan hijab merupakan salah satu cara Islam memuliakan muslimah dari bahayanya pandangan yang bukan mahromnya.

Meski saat ini hijab juga menjadi sebuah tren yang fungsinya bukan hanya sebagai penutup aurat namun juga bisa menunjang gaya sipemakainya. Bahkan bisa menjadi ciri khas dari penampilan seseorang.

Hukum mengenakan hijab adalah wajib bagi semua wanita muslim yang sudah baliqh. Hijab menjadi identitas dari seorang muslimah.

Menjadi wanita muslim berhijab tentu saja memiliki tanggung jawab moral untuk menjaga perilakunya. Karena melakukan hal yang kurang baik, maka yang dianggap buruk bukan hanya wanita tersebut, namun juga pada jilbab dalam Islam.

Baca juga : Tanggapan Mengejutkan Umi Pipik Terkait Nathalie Holscher yang Buka Hijab

Perintah mengenakan hijab ada di dalam Alquran yakni sebagai berikut :

يٰٓاَيُّهَا النَّبِيُّ قُلْ لِّاَزْوَاجِكَ وَبَنٰتِكَ وَنِسَاۤءِ الْمُؤْمِنِيْنَ يُدْنِيْنَ عَلَيْهِنَّ مِنْ جَلَابِيْبِهِنَّۗ ذٰلِكَ اَدْنٰىٓ اَنْ يُّعْرَفْنَ فَلَا يُؤْذَيْنَۗ وَكَانَ اللّٰهُ غَفُوْرًا رَّحِيْمًا

“Hai Nabi, Katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri orang-orang mukmin: “Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka”. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tak diganggu dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS. Al-Ahzab: 59).

Perempuan yang sering melepas dan memakai hijab dengan semaunya, bisa dianggap mempermainkan perintah Allah. Bahkan batasan menutup aurat juga sudah jelas diatur secara detail baik bagi perempuan maupun laki-laki.

Tinggalkan Balasan