Windah Bantu Kumpulkan Donasi Pengobatan Papiledema Kurnia Meiga, Apa itu Papiledema?

JABAR EKSPRES- Youtuber Windah Basudara melakukan live streaming sambil mengumpulkan dana untuk membantu eks pemain Timnas Kurnia Meiga, anak-anak pengidap HIV, dan korban Lumajang.

Sebagai informasi bahwasannya eks pemain Timnas Kurnia Meiga mengidap penyakit yang disebut dengan Papiledema.

Pada Artikel ini akan dijelaskan mengenai penyakit Papiledema yang dialami oleh eks Timnas Kurnia Meiga yang dibantu oleh Windah Basudara. Untuk mengetahuinya simak saja artikelnya di sini.

Papiledema

Papiledema adalah kondisi di mana saraf optik mata mengalami pembengkakan akibat tekanan pada otak. Hal ini dapat mengakibatkan gangguan pada mata dan fungsi penglihatan menjadi terganggu. Jika tidak segera ditangani, kondisi ini dapat menyebabkan komplikasi yang lebih serius, seperti perdarahan otak dan stroke.

Biasanya, papiledema menyebabkan masalah penglihatan. Beberapa gejala tambahan yang mungkin muncul termasuk sakit kepala dan mual. Penting untuk tidak menganggap remeh papiledema karena dapat menjadi tanda adanya suatu penyakit, seperti meningitis atau tumor otak.

Penyebab Papiledema

Gangguan penglihatan yang terjadi akibat papiledema dapat berupa penglihatan yang kabur, bayangan pada penglihatan, atau bahkan kebutaan sebagian atau seluruhnya pada salah satu atau kedua mata.

Durasi gangguan penglihatan ini dapat bervariasi, mulai dari beberapa detik hingga beberapa menit, atau bahkan dapat bersifat permanen.

Selain gangguan penglihatan, pembengkakan saraf optik mata juga dapat menimbulkan gejala tambahan berikut:

  1. Nyeri pada salah satu atau kedua mata.
  2. Sakit kepala.
  3. Mual dan muntah.
  4. Sensitivitas yang meningkat terhadap cahaya (silau).
  5. Gangguan penglihatan yang lebih parah saat batuk atau mengejan.
  6. Rasa kantuk yang berlebihan atau kelelahan yang signifikan.
  7. Munculnya dengung atau suara bising di telinga tanpa adanya sumber suara yang jelas.

Pengobatan

Pengobatan untuk papiledema disesuaikan dengan penyebabnya. Jika penyebab papiledema tidak diketahui dengan pasti, dokter mungkin akan merekomendasikan pungsi lumbal untuk mengeluarkan sebagian cairan otak dan memberikan obat-obatan untuk mengurangi pembengkakan pada saraf optik mata.

Jika papiledema disebabkan oleh tumor otak, dokter akan melakukan operasi pengangkatan tumor atau menjalankan terapi kemoterapi. Jika papiledema disebabkan oleh infeksi bakteri di otak, dokter akan meresepkan antibiotik.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan