Spotify Akan Ada Fitur Video Musik? Ini Bocorannya!

JABAR EKSPRES- Spotify sedang mempertimbangkan untuk memungkinkan pengguna melihat video musik di dalam aplikasinya, menurut laporan dari Bloomberg. Layanan streaming ini masih dalam tahap diskusi awal tentang pengujian fitur tersebut.

Fitur ini diharapkan dapat membuat Spotify lebih kompetitif dengan aplikasi video online lainnya, seperti YouTube dan TikTok, sehingga tidak hanya terbatas pada persaingan dengan layanan streaming musik lainnya.

Sebelumnya, Spotify telah melakukan beberapa langkah untuk memanfaatkan video dalam aplikasinya, seperti melalui fitur Gif dan Klip.

Baca juga: Spotify Bakal Rilis Fitur Video Musik, Mirip YouTube?

Klip adalah video pendek dengan durasi kurang dari 30 detik yang dapat diunggah oleh para artis ke profil mereka dan terkait dengan lagu atau album tertentu, sehingga memberikan informasi tambahan kepada pendengar.

Selain itu, Spotify juga mengumumkan bahwa mereka memiliki lebih dari 100.000 podcast video di aplikasinya. Mereka memperkenalkan podcast video pada tahun 2020 hanya untuk beberapa pertunjukan, namun akhirnya memperluasnya untuk lebih banyak pembuat konten.

Dalam siaran pers, Spotify menyatakan, “Kami telah melihat pertumbuhan positif yang konsisten dalam retensi penonton dan pendengar episode di antara acara yang telah mengadopsi video hingga saat ini.”

Baca juga: Spotify Rencananya akan Menghadirkan Fitur Video Musik dalam Aplikasinya

Selain itu, layanan ini juga memperkenalkan umpan penemuan yang terinspirasi oleh TikTok, di mana pengguna dapat menggulir secara vertikal untuk mendengar kutipan-kutipan yang direkomendasikan oleh aplikasi.

Di halaman beranda Spotify, pengguna diberikan “pratinjau yang dipersonalisasi dan dikuratori dari lagu, podcast, dan buku audio yang mungkin Anda nikmati,” seperti yang dijelaskan dalam siaran pers dari Spotify.

Spotify mengklaim bahwa data mereka menunjukkan bahwa lebih banyak pendengar menjadi penggemar setia setelah mempratinjau apa yang akan mereka dengarkan.

Pengguna dari Generasi Z telah mengadopsi format TikTok dengan antusias, sehingga platform media sosial lainnya juga menambahkan fitur yang meniru TikTok, seperti Instagram Reels dan YouTube Shorts.

TikTok telah membuktikan keberhasilannya dengan pengaruhnya terhadap aplikasi lain dan terus meningkatkan popularit*asnya. Pada akhir tahun 2022, aplikasi ini menghasilkan pendapatan sekitar $9,4 miliar dan diproyeksikan akan mencapai 1,8 miliar pengguna pada akhir tahun 2023. Namun, YouTube tetap menjadi situs web video yang paling dominan, dengan lebih dari 2,6 miliar pengguna aktif.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan