Tak Jadi di Gerbang Ujungjaya, Lokasi Peresmian Tol Cisumdawu Pindah ke Terowongan Kembar

JABAR EKSPRES – Peresmian Jalan Tol Cisumdawu (Cileunyi – dawuan – sumedang) digelar hari ini Selasa, 11 Juli 2023 oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Sebagai informasi, sebelumnya lokasi peresmian Tol Cisumdawu pindah dari Gerbang Tol Ujungjaya Utama ke terowongan kembar.

Sehingga, sejumlah sejumlah pihak terlibat dalam peresmian Jalan Tol Cisumdawu tersebut yang tengah bersiap dilokasi segera bergeser ke lokasi dari Gerbang Tol Ujungjaya Utama ke terowongan kembar. Semenatra itu, Twin Tunnels atau terowongan kembar Tol Cisumdawu berada di Seksi 2, atau masuk ke dalam daerah administratif Kecamatan Rancakalong, Sumedang, Jawa Barat.

Pemindahan peresmian Tol Cisumdawu dari Gerbang Tol Ujungjaya ke terowongan kembar juga disambut baik oleh masyarakat sekitar. Terowongan kembar bahkan dinilai sebagai icon Tol Cisumdawu, pasalnya Jalan Tol yang dibangun dengan biaya kontruksi mencaapi Rp5,5 triliun tersebut merupakan Jalan Tol pertama yang memiliki terowongan.

BACA JUGA: Diresmikan Hari Ini, Tol Cisumdawu Dinilai Bakal Tingkatkan Mobilitas Bandara Kertajati

Perlu diketahui bahwa Tol Cisumdawu memiliki terowongan kembar dengan panjang 472 m dengan diameter 14 m. Hal unik lainnya yakni, terowongan ini dibuat dengan menembus bukit menggunakan teknologi New Austrian Tunneling Methods (NATM), sebuah teknologi yang memberi perkuatan pada tanah sebelum menggali.

Kemudian penggalian dilakukan dengan menggunakan first lining dan second lining dengan menggunakan metode penggalian three-bench seven-step yang dapat menstabilkan pemuka terowongan tanpa memerlukan tambahan penyangga.

BACA JUGA: Breaking News! Tol Cisumdawu Diresmikan Hari Ini oleh Presiden Jokowi

Terpantau JabarEkspres.com pada Selasa, 11 Juli 2023, sejumlah pihak terkait pengisi acara sambutan, personel seni pertunjukan juga ikut bergeser ke lokasi baru yakni terowongan kembar. Ratusan siswa dari Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) juga telah berbaris rapi duduk di badan jalan dibawah terik matahari.

Berdasarkan informasi dari BMKG, saat ini langit Ujungjaya, Kabupaten Sumedang cerah, suhu mencapai sekitar 20°C dengan kelembapan sekira 70 persen. Masyarakat sekitaran Ujungjaya yang mengetahui kedatangan Presiden Jokowi, itu terpantau sangat antusias.

Terlebih diagendakan juga bahwa selepas meresmikan Tol Cisumdawu, Presiden Jokowi juga akan mengunjungi Balai Desa Ujungjaya untuk menyapa dan memberikan bantuan langsung kepada masyarakat ujungjaya. Sampai berita ini diterbitkan, proses peresmian Tol dan Giat Kunker Presiden Jokowi di wilayah Kabupaten Sumedang masih mengalami pengaturan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan