Lokasi Peresmian Jalan Tol Cisumdawu Tiba-tiba Pindah, Loh Kenapa?

JABAREKSPRES – Presiden Joko Widodo rencanannya pada hari ini akan meresmikan Jalan Tol Cisumdawu. Tempat lokasi peresmian sendiri rencanannya akan dilaksanakan di Gerbang Tol Ujung Jaya Utama.

Akan tetapi rencana peresmian di tempat itu batal gelar. Padahal persiapan untuk peresmian sudah dilakukan. Termasuk panggung dan tenda.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, pemindahan lokasi peresmian akhirnya digelar di dekat Terowongan kembar Tol Cisumdawu yang berada di wialayah Kecamatan Pamulihan Kabupaten Sumedang.

Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan kerjanya dengan menggunakan pesat keprisedenan yang mendarat langsung di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati Majalengka.

PT Citra Karya Jabar Tol (CKJT) sudah melakukan penutupan jalan tol seksi 2 untuk ruas Pamulihan-Cimalaka. Sehingga untuk ruas Tol Cisumdawu hanya bisa diakses di Seksi 1 Cileunyi-Pamulihan.

Menteri Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono sendiri pernah mengatakan, untuk target penyelesaian Tol Cisumdawu secara keseluruhan akan selesai di akhir Juli 2023 ini.

Tol sepanjang 60,3 Kilometer (km) itu diperkirakan akan dikenakan tarif sebesar Rp 1.275 per kilometer.

‘’Itu sudah termasuk murah, karena total konstruksi Tol Cisumdawu menelan biaya Rp18,33 triliun,’’ ujat Basuki.

Dari biaya yang dikeluarkan untuk membangun tol itu, pemerintah mengalokasikan anggaran sekitar 50 persen. Sedangkan sisanya berasal dari investasi Badan Usaha Jalan Tol (BUJT).

Basuki menyebutkan, total anggaran APBN yang sudah keluar untuk To Cisumdawu ini sebesar Rp 17 Triliun.

“Total APBN di sini Rp 17 triliun, itu termasuk dengan pembebasan lahan,” beber Basuki.

Seperti diketahui, Tol Cisumdawu akan dilakukan peresmian oleh Presiden RI, Ir Joko Widodo pada hari ini, sekitar pukul 10.00 WIB.

Setelah melakukan peresmian, presiden diagendakan melakukan kunjungan ke Pasar Ujung Jaya dan menuju ke RM Tahu Bungkeng, Kabupaten Sumedang.

Dalam agenda yang beredar di WhatApp Group rencananya akan menemui masyarakat dengan membagikan Batuan Langsung Tunai (BLT) di Pasar Tanjungsari.

Presiden Jokowi juga rencananya akan mengunjungi Stadion Si Jalak Harupat di Kabupaten Bandung untuk melihat kesiapan Piala Dunia U17. (yan).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan