Kenali 5 Manfaat Ikan Shisamo untuk Kesehatan Tubuh, Disukai Cipung!

JABAR EKSPRESIkan shisamo beberapa waktu ini viral di TikTok setelah sebuah video yang menampilkan Rayyanza atau Cipung sedang memakan ikan tersebut. Meskipun sekilas ikan itu mirip dengan ikan asin, namun ternyata ada banyak manfaat ikan shisamo yang baik untuk tubuh.

Umumnya, ikan shisamo lebih mudah ditemukan pada restoran Jepang. Ikan dengan nama latin Spirinchus lanceolatus ini mendadak banyak diburu terutama oleh ibu-ibu.

Salah satu menu favorit Cipung ini ternyata memiliki keunikan karena bisa dimakan dari bagian ujung kepala hingga ekor. Pasalnya, duri yang terdapat dalam ikan ini memiliki ukuran yang kecil dan bertekstur lunak sehingga aman untuk dimakan sekaligus.

Lebih nikmat lagi, karena bagian dalam perut ikan ini sangat penuh dengan telur. Pasti sangat lezat bukan kalau dimasak dengan berbagai bumbu dan resep?

Ikan yang dikenal sebagai rainbow smelt ini juga tidak hanya memiliki rasa yang lezat, namun mengandung sejumlah manfaat. Selengkapnya bisa kamu simak di bawah ini.

Baca Juga: 5 Penyebab Kolesterol di Usia Muda, Kenali Sebelum Menyesal!

5 Manfaat Ikan Shisamo

1. Menjaga Kesehatan Kulit

Kandungan vitamin B yang terdapat dalam ikan shisamo ternyata sangat baik loh untuk memelihara kesehatan kulit. Selain itu, bermanfaat juga untuk metabolisme tubuh. Tidak ketinggalan, kandungan omega 3 pada ikan ini juga membantu meringankan peradangan pada kulit. Ada lagi kandungan mineral selenium yang bermanfaat untuk mencegah penuaan dini.

2. Memelihara Kesehatan Tulang

Ikan shisamo kaya akan berbagai mineral penting yang berguna bagi tubuh terutama dalam menjaga kepadatan mineral tulang. Seperti mangan, kalsium, tembaga, fosfor, seng, besi, hingga fosfor. Semakin bertambah usia, maka akan membuat kepadatan tulang menurun. Hal itu dapat menimbulkan risiko osteoporosis. Sehingga mengonsumsi ikan shisamo dapat mengurangi risiko terjadinya osteoporosis dini.

Baca Juga: Ketahui Sekarang Penyebab Pembekuan Darah, Salah Satunya Malas Bergerak!

3. Membuat Badan Lebih Kuat

Protein tinggi terkandung dalam ikan shisamo. Adapun fungsi protein salah satunya berperan dalam membangun tubuh. Sehingga memakan ikan shisamo akan membantu kekebalan tubuh lebih kuat, baik untuk pertumbuhan, reproduksi, serta untuk perbaikan sel.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan