5 Fakta Seputar Tol Cisumdawu, Salah Satunya Telan Biaya Rp18,3 Triliun!

JABAR EKSPRES – Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan atau yang disebut dengan Tol Cisumdawu akhirnya telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada Selasa (11/7/20230 hari ini. Jalan tol yang memiliki panjang 62 kilometer itu menghubungkan Kabupaten Bandung, Kabupaten Sumedang, dan Kabupaten Majalengka.

Diketahui, jalan tol ini dapat memangkas waktu tempuh dari Bandung menuju Bandar Udara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati hanya dalam 1 jam. Sebelumnya, untuk menuju BIJB yang terletak di Kabupaten Majalengka ini membutuhkan waktu tempuh hingga 2 sampai 3 jam. Sehingga aksesibilitas menuju Kertajati sangat tidak efisien untuk warga Bandung.

Sementara itu, setelah proses peresmian Tol Cisumdawu dari seksi 4 (Cimalaka) hingga seksi 6 (Cisumdawu) tidak akan dikenakan tarif alias gratis hingga Surat Keputusan (SK0 dari pemerintah pusat diterbitkan.

Baca Juga: Usai Diresmikan Presiden Jokowi, Tarif Tol Cisumdawu Bakal Gratis!

Lantas apa saja fakta-fakta seputar Tol Cisumdawu? Simak 5 faktanya berikut ini.

1. Memiliki Terowongan Kembar

Terdapat terowongan kembar (twin tunnel) dengan panjang 472 meter dan diameter 14 meter di Tol Cisumdawu. Terowongan ini menembus bukit yang membentang dengan menggunakan teknologi Austrian tunnelling methods (NATM).

Adapun letaknya sendiri berada di Seksi 2 ruas Rancakalong – Sumedang, di Desa Rancakalong, Kabupaten Sumedang, Provinsi Jawa Barat.

2. Biaya Pembangunan Tol

Anggaran biaya yang dikeluarkan untuk pembangunan Tol Cisumdawu diketahui mencapai Rp 18,3 triliun. Anggaran tersebut terbagi dalam porsi pemerintah sebesar Rp9,07 triliun dan sisanya diperoleh dari dana swasta.

Baca Juga: 4 Fakta Menarik Tentang Tol Cisumdawu yang Bakal Diresmikan Jokowi Hari Ini, Punya Teknologi Menghindari Longsor!

3. Jumlah Seksi

Tol Cisumdawu memiliki beberapa seksi, di antaranya meliputi Seksi 1 Cileunyi-Pamulihan, Seksi 2 Pamulihan-Sumedang, Seksi 3 Sumedang-Cimalaka, Seksi 4-6 Cimalaka-Dawuan.

Sementara itu, untuk Seksi 4-6 akan dibuka fungsional ketika mudik lebaran 2023. Sedangkan Seksi 1 sudah beroperasi sejak Januari 2022, yang diikuti dengan Seksi 2 dan Seksi 3 pada bulan desember 2022.

4. Panjang Jalan Tol

Diketahui jalan Tol Cisumdawu dari Seksi 1 hingga Seksi 6 memiliki panjang total 61,60 km. Jalan tol tersebut membentang luas dari Kabupaten Bandung menuju Kabupaten Majalengka.

5. Teknologi yang Dipakai

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan