Efek Bahaya Obesitas Pada Otak Anak! Yuk, Cegah dengan Tips Ini

JABAR EKSPRES – Anak-anak gemuk memang bisa terlihat lucu dan menggemaskan, namun kita harus berhati-hati agar mereka tidak mengalami obesitas. Mengapa demikian? Karena kegemukan yang berlebihan dapat menghambat perkembangan otak anak. Berikut efek obesitas pada otak yang perlu di waspadai!!

Anak-anak berada dalam tahap pertumbuhan yang penting. Tidak heran bahwa efek obesitas pada masa anak – anak ini dapat mengganggu perkembangan mereka, termasuk perkembangan organ otaknya.

Sebuah penelitian di University of Vermont, Amerika Serikat, mengungkapkan hubungan antara efek obesitas dan perkembangan otak anak. Penelitian ini menunjukkan bahwa anak-anak yang mengalami obesitas cenderung memiliki korteks prefrontal dan korteks serebral yang lebih tipis.

Artinya, anak-anak dengan obesitas memiliki risiko penurunan fungsi eksekutif, seperti ingatan, perhatian, pengambilan keputusan, dan perencanaan.

Jennifer Laurent, seorang peneliti di Departemen Keperawatan University of Vermont, menjelaskan, “Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa anak-anak dengan Indeks Massa Tubuh (BMI) yang tinggi cenderung memiliki korteks serebral yang lebih tipis, terutama di area prefrontal.”

Baca juga :  Bahaya Obesitas Saat Ibu Hamil??

Penelitian ini melibatkan sekitar 10 ribu remaja selama 10 tahun. Dalam dua tahun sekali, para remaja ini diwawancarai. Para peneliti melakukan serangkaian tes, pengambilan sampel darah, dan pemindaian otak subjek. Hasilnya, remaja dengan BMI yang lebih tinggi memiliki kemampuan memori yang cenderung rendah.

Scott Mackey, salah satu peneliti, mengatakan, “Penipisan korteks serebral ditemukan secara luas pada subjek dengan BMI yang lebih tinggi.” Dia menambahkan, “Hal ini penting karena fungsi eksekutif seperti yang telah dijelaskan sebelumnya dikendalikan oleh area otak tersebut.”

Penipisan korteks prefrontal juga mempengaruhi kemampuan pengambilan keputusan pada beberapa anak. Jennifer Laurent menjelaskan, “Anak-anak ini akhirnya memilih asupan makanan yang kurang sehat, yang dapat menyebabkan obesitas.”

Selain masalah-masalah di atas, dr. Dyah Novita Anggraini menambahkan bahwa otak anak dengan obesitas cenderung menyusut. “Apabila otak menyusut, volume otak juga mengecil. Hal ini akan mempengaruhi perkembangan anak secara keseluruhan, termasuk kemampuan berpikir dan fungsi kognitif,” tegas dr. Dyah Novita.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan