Fakta Tentang Tol Cisumdawu, Siap-Siap Untuk ‘Ngacir’! Bandung-Kertajati Cuma 40 Menit!

JABAR EKSPRES – Hari ini, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu), salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) yang terletak di Jawa Barat. Berikut Fakta Tol Cisumdawu!!

“Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, pada pagi hari ini saya resmikan Jalan Tol Cileunyi, Sumedang dan Dawuan, Jalan Tol Cisumdawu di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat,” ujar Jokowi seperti di lansir dari YouTube Sekretariat Presiden, Selasa, 11 Juli 2023.

Dalam acara peresmian ini, Jokowi di dampingi oleh Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Bupati Majalengka Karna Sobahi, Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir, dan Pengusaha Jalan Tol Jusuf Hamka.

Jokowi berharap bahwa peresmian Tol Cisumdawu ini dapat sepenuhnya mendukung operasional Bandara Kertajati. Ia mengakui bahwa peresmian tol ini agak terlambat di bandingkan dengan Bandara Kertajati.

Baca juga : Bobotoh Persib Kecewa!! Suporter Gelar Aksi Protes Dan Walkout

“Bandara Kertajati selesai, sedangkan Tol Cisumdawu belum selesai, sehingga ini mengganggu operasional Bandara Kertajati,” ungkap Jokowi.

Berikut adalah beberapa fakta menarik mengenai Tol Cisumdawu:

  1. Membutuhkan Waktu 12 Tahun

Pembangunan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) sudah di mulai sejak tahun 2011. Namun, pembangunan dan penyelesaian tol ini mengalami keterlambatan karena masalah pembebasan lahan yang rumit.

“Jalan tol ini menghubungkan Kota Bandung melalui Tol Cipularang ke Tol Cipali. Dan, Jalan Tol Cisumdawu sudah di mulai pembangunannya sejak tahun 2011. Artinya, sudah memakan waktu 12 tahun,” kata Jokowi.

  1. Biaya Pembangunan Rp18,3 Triliun

Proyek tol Cisumdawu dengan panjang 61,6 km ini menghabiskan biaya sebesar Rp18,3 triliun. Sebagian besar pendanaan proyek ini berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

“Dari pemerintah, Rp9,07 triliun, sisanya dari Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) yang melibatkan sektor swasta,” ujar Jokowi.

  1. Di lengkapi dengan Terowongan Kembar

Tol Cisumdawu memiliki keunikan tersendiri. Tol ini memiliki dua terowongan kembar dengan panjang hampir setengah kilometer di kawasan Rancakalong.

“Kita berada di terowongan kembar, twin tunnel, yang memiliki panjang 472 meter. Di seluruh Indonesia, tidak ada jalan tol yang melewati dua terowongan seperti yang kita lihat pagi ini,” kata Jokowi.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan