Efek Bahaya Obesitas Pada Otak Anak! Yuk, Cegah dengan Tips Ini

Untuk mencegah bahaya obesitas pada anak, ada beberapa cara yang dapat dilakukan, antara lain:

  1. Mengurangi Asupan Gula Tinggi Kalori

Penting bagi orangtua untuk membatasi konsumsi makanan tinggi gula pada anak. Dr. Dyah Novita menyarankan agar asupan gula harian tidak melebihi 6 sendok makan atau setara dengan 200 kalori. Selain itu, perhatikan juga camilan harian anak. Batasi makanan kemasan tinggi gula, seperti permen, cokelat, dan kue. Tetapi, tetap seimbangkan dengan makanan sehat dan bergizi.

  1. Aktif Bergerak

Orangtua sebaiknya tidak melarang anak bergerak aktif. Jika anak malas bergerak atau terlalu banyak menggunakan gadget, ajaklah mereka untuk beraktivitas fisik, misalnya berolahraga bersama atau bermain dengan teman-temannya. Batasi juga waktu anak untuk duduk, makan, dan menonton TV setiap hari.

  1. Memastikan Anak Makan Sehat

Mengonsumsi berbagai jenis sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian setiap hari sangat baik untuk perkembangan anak-anak. Pastikan mereka mendapatkan berbagai macam nutrisi dengan makan sayuran dan buah-buahan berbagai warna.

  1. Minum Cukup Air Putih

Penting untuk memastikan anak-anak cukup mengonsumsi air putih. Batasi minuman manis atau minuman kemasan, dan perbanyak konsumsi air putih.

Baca juga :  Bahaya Kolesterol di Wajah, Berikut Gejala yang Perlu Diwaspadai

Perkembangan otak anak tidak hanya dipengaruhi oleh obesitas. Namun, dengan mencapai berat badan yang ideal, otak anak dapat tumbuh secara optimal.

Mari terapkan gaya hidup sehat dan aktif setiap hari. Anda dapat mendampingi anak bergerak aktif dan berolahraga bersama pada waktu luang.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan