Polda Metro Jaya Adakan Operasi Patuh Jaya 2023 Mulai Hari Ini

JABAR EKSPRESPolda Metro Jaya telah memulai pelaksanaan Operasi Patuh Jaya mulai hari ini, 10 Juli hingga 23 Juli 2023.

Dalam operasi ini, Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Latif Usman, menyatakan bahwa ada 14 jenis pelanggaran lalu lintas yang menjadi fokus utama.

Beberapa pelanggaran tersebut meliputi melawan arus, mengemudi dalam pengaruh alkohol, penggunaan ponsel saat berkendara. Serta tidak menggunakan helm SNI (standar nasional Indonesia).

Baca juga : Operasi Patuh Lodaya Selama Dua Pekan! Polresta Bandung Sasar Pengendara yang Lakukan Ini

Latif juga menjelaskan bahwa operasi ini juga akan menindak pengendara mobil yang tidak menggunakan sabuk pengaman, melampaui batas kecepatan yang di tentukan. Serta pengendara di bawah umur atau tanpa Surat Izin Mengemudi (SIM).

“Ada juga pengendara mobil yang tidak menggunakan sabuk saat berkendara, melebihi batas kecepatan, hingga berkendara di bawah umur atau tidak memiliki SIM,” ujar Latif dalam keterangannya, Minggu (9/7/2023).

Selain itu, pihak kepolisian juga akan melakukan penindakan terhadap kendaraan yang tidak layak jalan dan kendaraan yang tidak di lengkapi dengan perlengkapan standar.

Tindakan juga akan di ambil terhadap pengendara yang memasang rotator atau sirine ilegal. Serta kendaraan yang menggunakan pelat RFS atau RFP yang tidak sesuai peruntukannya.

Dalam operasi ini, Polda Metro Jaya telah mengerahkan total 2.938 personel gabungan untuk menjalankan tugas.

Tujuan utama dari operasi ini adalah meningkatkan kepatuhan masyarakat dalam berlalu lintas demi keamanan dan keselamatan.

“Secara keseluruhan gabungan semuanya 2.938 personel. Meningkatkan kepatuhan dalam berlalu lintas untuk keamanan keselamatan ketertiban lalu lintas,” kata Latif.

Baca juga : Jelang Peresmian Tol Cisumdawu, CMNP Sempat Pastikan Akses Jalan tersebut Beroperasi pada 2023

Kombes Latif Usman mengimbau masyarakat untuk mematuhi semua aturan berlalu lintas yang ada.

Ia menekankan pentingnya bertanggung jawab terhadap keselamatan diri sendiri dan orang lain yang ada di sekitar dalam setiap kegiatan berkendara.

Dengan di laksanakannya Operasi Patuh Jaya 2023, di harapkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya kepatuhan berlalu lintas akan semakin meningka. Sehingga dapat menciptakan lingkungan yang lebih aman dan tertib di jalan raya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan