Jelang Pemilu 2024, KPU Depok Verifikasi Data Perbaikan Bacaleg

JABAR EKSPRES, DEPOK – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Depok, Jawa Barat sedang memverifikasi perbaikan dan kegandaan nama bakal calon anggota legislatif (Bacaleg) pada parpol peserta pemilu.

“Kami sedang melakukan verifikasi perbaikan dan kegandaan. Temuan bacaleg ganda yang di dua atau tiga parpol,” ungkap Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU Kota Depok, Fikri Tamau di Depok, Senin (10/7).

Fikri Tamau mengatakan KPU Depok belum mengetahui jumlah bacaleg yang sudah memenuhi syarat sebagai peserta Pemilu legislatif 2024 dalam tahapan ini.

“Belum tahu berapa jumlahnya. Karena mereka memperbaiki langsung ke sistem informasi pencalonan (SILON). Lalu dokumen yang diantarkan cukup banyak satu caleg harus memenuhi persyaratan,” ungkapnya.

BACA JUGA : Bacalon DPD Jabar Berkurang Satu, Athoillah Meninggal Dunia

Dari 850 bacaleg yang mendaftar KPU Depok mencatat ada 151 orang bacaleg yang memenuhi syarat sebagai peserta Pemilu legislatif 2024.

“Semua berkas yang diminta KPU Depok sangat lengkap. Lalu masih ada 699 bacaleg yang tersebar di seluruh partai politik (belum memenuhi syarat). Artinya semua bacaleg di partai politik ada dokumen yang harus diperbaiki berkasnya,” tuturnya.

Dalam perbaikan verifikasi berkas bacaleg kata Fikri Tamau mereka harus memperbaiki berkas dokumen satu, dua, dan seterusnya.

“Sekarang ini tahapan verifikasi perbaikan bacaleg di 17 partai politik. Mulai hari ini 10 Juli sampai 6 Agustus 2023,” kata Fikri Tamau.

BACA JUGA : Bocorkan Senjata Rahasia, Gerindra Siap Hadapi Pilpres 2024

Fikri Tamau menambahkan untuk penetapan Daftar Calon Tetap (DCT) KPU Depok menetapkan pada 3 Oktober 2023 sesuai dengan jadwal.

“DCT KPU Depok tentukan pada 3 Oktober 2023. Sekarang ini (para calon peserta pemilu legislatif masih )Daftar Calon Sementara (DCS),” ungkapnya.

Fikri Tamau menjelaskan proses DCT peserta pemilu disesuaikan dengan amanat Undang Undang Dasar (UUD).

“Artinya kenapa kok agak lama, karena amanat UUD yang mewajibkan kita jauh-jauh hari untuk mempersiapkan dokumen -dokumen yang dibutuhkan,” pungkasnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan