Sejumlah Pesilat Akan Tampilkan ‘Silat Modern’ Dalam Acara Pagelaran Budaya dan Sadar Bencana

Jabar Ekspres – Pesilat dari dua perguruan Surta Putra Lodaya dan Garantang Setra, siap tampil dan meriahkan acara pagelaran budaya dan sadar bencana BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) Kabupaten Sumedang yang akan dimulai, pada hari Sabtu 8 Juli 2023 pukul 08.00 malam WIB.

Salah seorang ketua perguruan Kusnandar (44) mengatakan, seni pencak silat yang akan dipertunjukan malam ini yakni solo kreatif dan Ijen.

BACA JUGA: WNA Sebut Disdukcapil Kabupaten Sumedang Seperti Pelayanan Publik di Eropa!

“Inshaallah nanti malam, kami akan menampilkan solo kreatif dan ijen.” Katanya kepada Jabar Ekspres, Sabtu (8/7).

Sebuah seni pertunjukan, lanjutnya, yang menampilkan seni bela diri pencak silat gabungan PPSI (Persatuan Pencak Silat Indonesia) dan IPSI (Ikatan Pencak Silat Indonesia) dengan kemasan yang lebih modern.

“Seni pencak silat yang diberi nama solo kreatif dan ijen ini merupakan hasil pengembangan, dengan konsep kekinian pertunjukan seni pencak silat ini bisa di bilang pertunjukan pencak silat modern” Ujarnya,

Iskandar juga menjelaskan, bahwa budaya seni bela diri pencak silat modern ini sudah lumayan lama terjadi. Bahkan, solo kreatif ini sudah masuk kategori perlombaan dalam olimpiade oahraga siswa nasional atau O2SN.

“Sebenarnya, seni pencak silat modern yang disebut dengan solo kreatif ini sudah dilombakan di O2SN” katanya,

Selebihnya, Iskandar juga mengatakan bahwa pesilat yang akan ditampilkan dipentas budaya malam ini, merupakan pemenang O2SN tingkat Kabupaten beberapa waktu lalu.

“Alhamdulillah, malah O2SN Sekolah Dasar kemarin, kami telah meraih juara 1 se-Kabupaten Sumedang untuk perwakilan Kecamatan Conggeang” Tambahnya.

Demikian, pihaknya menyampaikan harapan agar seni pencak silat di kabupaten Sumedang khususnya bisa terus eksis.

BACA JUGA: Aksi Jambret di Kabupaten Sumedang Memakan Banyak Korban!

“Di Sumedang ini ada puluhan paguron (perguruan), tapi yang aktif hanyalah beberapa. Ya saya berharap ke depan agar jangan sampai seni pencak silat ini mati. Dengan modernisasi yang sudah dilakukan inipun, tak lain agar seni pencak silat bisa terus diterima oleh masyarakat hari ini” Jelasnya,

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan