Detik-detik Banjir Lahar Dingin Semeru Meluap ke Jalanan, Warga Berlarian

JABAR EKSPRES – Telah beredar beberapa video yang menunjukkan peristiwa detik-detik banjir lahar dingin Gunung Semeru. Dalam salah satu video tersebut, tampak warga berlarian saat air meluap dari bawah jembatan.

Banjir lahar dingin Semeru itu juga melanda tiga jembatan hingga ketiga jembatan itu terputus. Jembatan yang terdampak merupakan jembatan penghubung Lumajang-Malang dan dua jembatan di Kecamatan Candipuro.

Kabid Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD Jawa Timur Satriyo Nurseno dalam laporan yang ditembuskan kepada Gubernur Jawa Timur menyatakan bahwa banjir lahar dingin Semeru tersebut juga meluap di kawasan Besukcukit, Pronojiwo, Lumajang.

BACA JUGA: Gunung Semeru Erupsi Setinggi 600 Meter!

Kapolsek Pasirian Agus Sugiharto telah membenarkan bahwa jembatan gantung Kali Regoyo telah terputus akibat banjir tersebut.

“Di jembatan Sungai Regoyo Gondoruso terpantau debit air mengalami peningkatan yang sangat besar sehingga meluap di atas jembatan,” katanya, dikutip dari Antara oleh Jabarekspres.com, Jumat (7/7/2023).

Ada beberapa video yang menampakkan kondisi jembatan-jembatan itu diterjang oleh arus air yang sangat deras hingga meluap ke atas jembatan.

BACA JUGA: Tiga Warga Meninggal Dunia Akibat Longsor di Lumajang

Kejadian sebelumnya, di KM 59 jalur Piket Nol Lumajang-Malang telah terjadi peristiwa tanah longsor. Dari informasi yang didapatkan, akses jalan tersebut juga masih ditutup total.

Gatot Soebroto, Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Jawa Timur, mengungkapkan bahwa banjir tersebut diakibatikan oleh hujan yang sangat deras di area lereng Gunung Semeru.

“Kondisi hujan yang terjadi di wilayah lereng Gunung Semeru menyebabkan meningkatnya debit pada Daerah Aliran Sungai lahar Gunung Semeru yang menerjang beberapa jembatan penghubung desa hingga terputus,” ucap Gatot melalui keterangannya, Jumat (7/7/2023).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan