Cara Melakukan Pengereman Di Kondisi Jalan Yang Menurun!

JABAR EKSPRES – Dalam berkendara, tentunya kita menghadapi berbagai macam kondisi lingkungan jalan di sekitar kita, mulai dari kondisi aspal, cuaca, ataupun elevasi dari jalan itu sendiri. Cara berkendara dalam kondisi jalan yang datar atau menurun tentunya harus dihadapi dengan cara yang berbeda, khususnya dalam pengereman. Mulai dari sebelum berkendara, saat berkendara, dan setelah berkendara atau berhenti di area turunan.

Baca Juga: Mengenali Tanda-Tanda Komstir Rusak pada Sepeda Motor

Sebelum berkendara pastikan bahwa seluruh komponen fungsi rem di kendaraan kita harus berfungsi dengan baik, mulai dari kampas rem, disc brake, kaliper, oli rem, dan lampu rem itu sendiri. Semua harus selalu dipastikan dalam kondisi yang prima agar pengoperasian kita optimal saat menggunakan rem tersebut. Saat berkendara, juga ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat mengoperasikan rem di sepeda motor, seperti postur tubuh dan teknik pengereman.

Safety Riding Development Section Head PT Daya Adicipta Motora, Ludhy Kusuma mengatakan, bicara tentang fungsi rem, terkadang seseorang beranggapan bahwa fungsi rem harus selalu siap digunakan dengan menaruh jari di handle rem agar selalu siap digunakan. Padahal yang seharusnya dilakukan adalah tetap mengepal pada stang kemudi dan hanya menggunakan handle rem saat pengoperasian atau diperlukan.

“Saat menggunakan rem, terdapat beberapa teknik untuk melakukan pengereman yang baik dan benar demi menjaga keselamatan, terutama pada jalan yang menurun. Terkadang masih banyak pengendara yang belum memahami teknik-teknik ini, terutama untuk pengendara sepeda motor, dan terdapat beberapa cara khusus untuk pengereman di kontur tertentu,” ujar Ludhy.

Dalam kondisi jalan yang menurun, sebaiknya pengendara tidak terlalu sering menggunakan rem atau standby di handle rem agar tidak terjadi blong atau kehilangan daya saat pengereman benar-benar diperlukan. Kita bisa melakukan pengereman untuk mengurangi kecepatan dengan perlahan menarik handle rem atau menginjak tuas rem sesekali. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari panas berlebih pada kaliper rem yang dapat mengurangi performa fungsi pengereman atau menyebabkan rem blong.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan