Harga LPG Non Subsidi Resmi Turun, Apakah LPG Subsidi 3 KG Ikut Turun?

JABAR EKSPRES – Harga LPG non subsidi diketahui resmi turun untuk ukuran 5,5 KG dan 12 KG.

Informasi harga LPG non subsidi yang turun ini telah diumumkan oleh PT Pertamina karena adanya harga Contract Price Aramco (CP Aramco) yang juga turun.

Adapun LPG non subsidi untuk produk Bright Gas 5,5 KG, jika Anda ingin mengisi ulangnya turun sebesar Rp4.000 per tabungnya.

Sementara itu, jika ingin mengisi ulang produk Bright Gas 12 KG dar harga Rp 213.000 menjadi Rp214.000, menjadi turun Rp9.000.

Adapun mengapa harga LPG non subsidi ini mengalami perubahan karena harganya ditentukan dan jadi kewenangan badan usaha dengan melihat tren dan prosedur dari CP Aramco.

“Dalam kurun waktu terakhir, tren harga CP Aramco mengalami penurunan, sehingga Pertamina turut melakukan penyesuaian berupa penurunan harga untuk LPG non-subsidi 5,5 kg dan 12 kg,” kata Fadjar Djoko selaku Vice President Corporate Communication Pertamina dalam keterangan tertulisnya.

BACA JUGA: Info Penting, Harga LPG Non Subsidi Kembali Turun, Tabung Pink 5,5 dan Biru 12 Kg Makin Terjangkau

Adapun untuk harga LPG 3 KG yang bersubsidi, diketahui tidak mengalami penurunan harga.

Hal ini karena gas LPG 3 KG atau LPG bersubsidi penetapan harganya menjadi  kewenangan pemerintah yaitu Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral.

Harga gas LPG 3 KG tidak mengalami penurunan dan masih sesuai dengan Keputusan Menteri ESDM Nomor 253.K/12/MEM/2020 tentang Harga Patokan Liquefied Petroleum Gas Tabung 3 Kilogram.

BACA JUGA: Mulai Tahun Depan LPG 3Kg Hanya Untuk yang Terdaftar

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan