Warga Cimahi Ngaku Kelaparan, Lurah Cibabat Ungkap Fakta: Tercatat sebagai Penerima Berbagai Bantuan Pemerintah

JABAR EKSPRES – Warga Kelurahan Cibabat Kecamatan Cimahi Utara, Jawa Barat bernama mengaku kelaparan. Devi bahkan melapor ke nomor Lapor Pak Kapolres Reborn.

Berdasarkan informasi, suami Devi yang mengaku kelaparan, Yedi Salam (49 tahun) yang tidak bekerja kesulitan untuk menafkahi istri dan empat anaknya. Dari laporan tersebut, Kapores Cimahi AKBP Aldi Subartono langsung datang dan memberikan bantuan belum lama ini.

Pj Sekda Kota Cimahi Maria Fitriana melalui Lurah Cibabat Faisal mengatakan, keluarga Yedi Salam yang mengaku kelaparan tersebut sudah sejak lama mendapat berbagai program bantuan dari pemerintah. Bahkan sejak program bantuan Covid-19 digulirkan.

BACA JUGA: Kabel Putus Menjuntai ke Jalanan Depan Pusdik Armed, Dishub Cimahi Turun ke Lokasi

“Selain sudah tersentuh program bantuan dari Kemensos, Dinsos, yang bersangkutan juga diikutsertakan dalam kegiatan tiga program unggulan salah satunya padat karya. Artinya RT dan RW juga tidak mengenyampingkan kondisi keluarga tersebut,” kata Faisal di ruang kerjanya kepada JabarEkspres.com pada Selasa, 7 Juli 2023.

Menurut Faisal, program bantuan yang diterima oleh keluarga Yedi di antaranya yakni jaminan Kartu Indonesia Sehat (KIS) terhadap empat anggota kelurganya yang didanai oleh APBD. Kedua bantuan Covid-19 berupa bahan pokok dan uang tunai. Ketiga sudah terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) sebagai calon penerima bantuan BPNT dan PKH.

“Sebetulnya pemerintah sudah hadir sejak lama untuk keluarga tersebut. Saat kami konfirmasi ke yang bersangkutan, ternyata bukan kelaparan, namun ingin difasilitasi pekerjaan untuk suaminya,” kata Faisal menambahkan.

BACA JUGA: Pemkot Cimahi Maraton Sosialisasikan Tanda Tangan Elektronik

Menurut Faisal, Yedi juga sudah diikutsertakan dalam program Pj Wali Kota Cimahi Dikdik S Nugrahawan terkait padat karya. Pihaknya kuga mengapresiasai tindakan cepat yang dilakukan Kapolres untuk memberikan bantuan kepada kelurga tersebut.

“Ibu Pj Sekda juga mengapresiasai Pak Kapolres yang cepat tanggap dalam menindaklanjuti dari laporan yang masuk ke Lapor Pak Kapolres Reborn,” katanya.

Ketua RW2 Kelurahan Cibabat Aan Ansori tak membantah jika keluarga Yedi tercatat sebagai penerima bantuan dari pemerintah. Bahkan pihaknya sudah mengikutsertakan Yedi ke program padat karya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan