Fornas VII 2023 Jabar Resmi Dibuka dengan Lontaran Ketapel

Jabar Ekspres – Festival Olahraga Rekreasi Nasional (Fornas) VII 2023 telah resmi dibuka dengan serangkaian acara di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, pada minggu malam (2/7).

Acara pembukaan ini ditandai dengan lontaran ketapel oleh beberapa tokoh, antara lain Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Ketua KORMI Hayono Isman, Bupati Bandung Dadang Supriatna, dan Ketua KORMI Jawa Barat Denda Alamsyah.

Dalam sambutannya, Menko PMK Muhadjir Effendy menjelaskan tentang tiga jenis olahraga nasional. Pertama adalah olahraga pendidikan yang bertujuan membentuk karakter, jiwa sportivitas, dan kedisiplinan.

BACA JUGA: Dapat Bonus dari Pemerintah, Ini Pesan Jokowi untuk Atlet ASEAN Para Games!

“Yang kedua adalah olahraga masyarakat. Saat ini, kita sedang melaksanakan olahraga masyarakat. Tujuannya untuk menjaga agar masyarakat hidup sehat,” katanya.

Kemudian yang ketiga adalah olahraga prestasi yang telah mencatat banyak prestasi di berbagai level, baik nasional, regional, maupun internasional.

Muhadjir menyampaikan bahwa olahraga masyarakat masih kurang dikenal, oleh karena itu, Fornas VII merupakan kesempatan strategis untuk memasyarakatkan dan menggelorakan olahraga masyarakat.

“Selamat bertanding kepada para peserta Fornas VII, jaga sportivitas dan solidaritas,” ujarnya.

Sementara itu, Menpora Dito Ariotedjo juga memberikan apresiasi kepada Pemerintah Provinsi Jabar, KORMI Jabar, Pemerintah Kabupaten Bandung, dan KORMI Kabupaten Bandung atas penyelenggaraan Fornas VII 2023 di Jawa Barat.

“Fornas 2023 berlangsung sangat meriah. Salut dan bangga atas sportivitas dan perhatian para penggiat olahraga masyarakat dari seluruh Tanah Air yang hadir di Fornas VII Jawa Barat,” ungkapnya.

Dito mengungkapkan bahwa Fornas VI diikuti oleh 12.000 peserta, sedangkan Fornas VII diikuti oleh lebih dari 23.000 peserta.

“Fornas merupakan perjalanan nasional dua tahunan dan makin ke sini mampu menghadirkan peserta atau penggiat olahraga dengan jumlah 23.000 peserta lebih merupakan angka yang fantastis. Yang tentunya akan memberikan inspirasi dan semangat baru untuk andil di olahraga. Selamat bertanding, bersenang-senang dan bertanding riang gembira dalam Fornas,” katanya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan