Diduga Nistakan Agama, Ini Hal Nyeleneh Panji Gumilang, Sebut Haleluya Sama dengan Tahlilan

JABAR EKSPRES- Hari ini, Senin 3 Juli 2023, Pemimpin Pondok Pesantren Kontroversial Panji Gumilang dijadwalkan untuk pemerikasaan oleh Bareskrim Polri.

Panji Gumilang diperiksa terkait tuduhan kasus yang yang dilaporkannya terkait penistaan agama.

Dugaan pelanggaran penistaan agama tersebut merupakan hasil dari beberapa pernyataan, tingkah laku, dan beberapa hal yang dinilai ‘nyeleneh’ yang membuat netizen geram.

Ada beberapa pernyataan dan perilaku yang kontroversial yang pernah dilakukan oleh Panji Gumilang.

Berikut ini daftar kontroversi Pimpinan Pondok Pesantren Al Zaytun yang membuat Geram Netizen.

Daftar Kontroversi Panji Gumilang

 

  1. Pengikut Mazhab Sukarno

 

Panji Gumilang mengumumkan dirinya sebagai pengikut Mazhab Bung Karno. Dalam Tausiyah Shalat Jumat yang disiarkan langsung melalui akun YouTube resmi Al-Zaytun, pada Jumat (28/4/2023), Panji, yang menyebut dirinya sebagai Syekh Panji, mengungkapkan bahwa ia terinspirasi oleh salah satu karya Bung Karno, yaitu “Di Bawah Bendera Revolusi Jilid 1”.

“Dalam sebuah pertanyaan, saya diminta untuk menyebut mazhab yang saya anut. Saya mengagumi pemikiran luar biasa orang ini dalam berbagai bidang, maka saya menyebut mazhab saya adalah Bung Karno, Ahmad Sukarno,” ujar Panji setelah Tausiyah Shalat Jumat.

 

Baca juga:  Saat Iduladha Panji Gumilang Kembali Berulah di Al Zaytun!

 

  1. Shaf Perempuan dalam Pelaksanaan Shalat Idul Fitri

Selanjutnya, masalah shaf shalat perempuan yang sejajar dengan shaf laki-laki saat pelaksanaan Shalat Idul Fitri. Foto dan video yang viral menunjukkan hal ini, yang membuat warganet marah.

 

  1. Sebutan “Masjid Sebenarnya Ada di Vatikan”

 

Panji Gumilang mengungkapkan bahwa masjid sebenarnya berada di Vatikan. Dia menyatakan bahwa masjid yang ada di Indonesia hanya merupakan masjid yang kehilangan harapan.

Hal ini terungkap dalam unggahan akun TikTok @Heri Yanta pada Rabu, 7 Juni 2023. Video berdurasi 1 menit 57 detik ini mengatakan “Masjid yang sebenarnya ada di Vatikan, masjid di Indonesia adalah masjid yang putus asa”.

“Saya menyimpulkan bahwa masjid sebenarnya ada di Vatikan,” kata Panji Gumilang.

 

Baca juga: Panji Gumilang Membara, Tak Terima Dituduh Sesat

 

  1. Ucapan Salam “Yahudi”

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan