Sembuhkan Segala Penyakit, Ini Istimewanya Air Zamzam dan Adab Saat Meminumnya

JABAR EKSPRES – Air Zamzam selalu menjadi oleh-oleh favorit bagi yang berhaji, meski ada makanan lain, namun air yang satu ini selalu dicari. Hal ini karena istimewanya air zamzam sudah banyak diketahui orang.

Banyak yang menyebut air zamzam bisa menyembuhkan segala penyakit. hal itu menjadi salah satu istimewanya air zam-zam yang banyak diketahui orang, padahal masih banyak keistimewaan lainnya.

Air zamzam merupakan air yang diberkahi oleh Allah SWT. Terjadinya sumur air zamzam bahkan menjadi sejarah yang akan selalu diingat umat Islam seluruh dunia. Dimana pertama kali air ini muncul di bawah kaki Nabi Ismail AS saat masih bayi, dan masih terus mengalir hingga kini.

Sumur air zam-zam yang ada di kawasan Masjidil Haram, Mekah, Arab Saudi ini, pernah digunakan malaikat Jibril untuk mencuci hati Rasulullah Saw.

Keistimewaan air zamzam yang bisa menyembuhkan segala penyakit terdapat dalam hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim. Disebutkan bahwa Rasulullah Saw pernah minum air zamzam, lalu Rasulullah Saw. bersabda, “Air ini penuh keberkahan. Ia dapat mengenyangkan dan menyembuhkan penyakit.”

Baca juga : Jemaah Haji Dilarang Bawa Pulang Air Zamzam

Hadits lain juga menyebutkan bahwa Nabi Saw pernah bersabda bahwa air terbaik di atas permukaan bumi adalah air zamzam hal ini diriwayatkan oleh Ibnu Hibban ra.

Sementara dalam kitab Ash-Shahihain dinyatakan bahwa Rasulullah Saw. bersabda, “Minum air zamzam berkhasiat untuk segala yang diniatkan.”

Selain keistimewaan tersebut, ada beberapa manfaat air zamzam bagi kesehatan tubuh, dilansir dari Alodokter, diantaranya:

1. Mencegah dan mengatasi dehidrasi

Berbagai faktor, seperti iklim yang kering dan panas, keringat berlebih, atau kurang makan dan minum, bisa membuat seseorang berisiko mengalami kekurangan cairan tubuh atau dehidrasi.

Air zamzam sudah terkenal sejak zaman dahulu sebagai salah satu air dari sumber mata air di Timur Tengah yang bisa membantu mencegah dan mengatasi dehidrasi. Air zamzam juga mengandung banyak elektrolit dan mineral, sehingga baik untuk dikonsumsi bagi kesehatan, termasuk saat berpuasa.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan