Sembuhkan Segala Penyakit, Ini Istimewanya Air Zamzam dan Adab Saat Meminumnya

Baca juga : Hadits Menggoda Orang Puasa, Apakah Berdosa?

8. Memelihara fungsi dan kesehatan ginjal

Ginjal merupakan organ yang berfungsi untuk menyaring dan membuang zat beracun dan limbah di dalam tubuh. Untuk menjaganya tetap sehat, kamu perlu minum air putih yang cukup setiap hari.

Nah, air zamzam juga bisa menjadi salah satu pilihan minuman yang sehat untuk ginjal. Soalnya, air zamzam banyak mengandung elektrolit, antioksidan, dan mineral yang baik untuk membantu menjaga fungsi ginjal.

Setelah mengetahui keistimewaan dan manfaat air zamzam bagi kesehatan tubuh, kini kita perlu tahu adab yang baik saat akan mengonsumsi air zamzam.

1. Ketika hendak meminum air zamzam, disunahkan berniat agar sembuh atau niat apapun yang berupa kebaikan di dunia serta di akhirat.

Niatkanlah hal-hal yang baik sebelum meminum air zamzam. Bahkan, Hakim dalam kitab Fiqih Sunnah karya Sayyid Sabiq mengatakan, “Dan jika engkau minum sambil berlindung kepada Allah, niscaya Dia melindungimu.”

2. Dianjurkan meminum air zamzam dengan tiga tarikan napas, menghadap kiblat, minum sampai merasa kenyang, memanjatkan pujian kepada Allah, serta berdoa seperti yang diajarkan oleh Ibnu Abbas.

3. Doa meminum air zamzam

“Allahumma innii as aluka ‘ilman naafi’an wa rizqan waasi’an wasyifaa an min kulli daa in wasaqamin birahmatika yaa arhamarraahimiin.”

Artinya: “Ya Allah, aku mohon kepadaMu ilmu pengetahuan yang bermanfaat, rezeki yang luas dan sembuh dari segala sakit dan penyakit pikun dengan rahmat-Mu ya Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.”

Demikian uraian mengenai air zam-zam yang informasinya diambil dari banyak sumber, semoga memberikan manfaat.

Tinggalkan Balasan