Gempa Magnitudo 6,4 Penyebab Putusnya Aliran Listrik!

JABAR EKSPRES – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memberikan laporan terkait gempa berkekuatan magnitudo 6,4 di Wilayah Yogyakarta pada Jumat, 30 Juni 2023 malam yang mengakibatkan putusnya aliran listrik.

Selain itu, Plt Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari memaparkan adanya rumah  yang mengalami kerusakan akibat gempa tersebut.

“Perkembangan hingga pukul 20.40 WIB Jumat, terdapat dua unit rumah warga rusak ringan di Kabupaten Kebumen, Provinsi Jawa Tengah,” ujar Muhari dikutip JabarEkspres.com dari Antara News.

Selanjutnya, gempa juga mengakibatkan satu unit rumah di daerah Gunung Kidul mengalami kerusakan.

“Di wilayah Yogyakarta ada satu unit rumah warga rusak, tepatnya di Kabupaten Gunung Kidul,” lanjutnya.

Baca juga: BREAKING NEWS! Gempa M6,4 Guncang Bantul, Terasa Hingga Bandung

Setelah BMKG  merilis fenomena geologi tersebut pada pukul 19.57 WIB, menurut Abdul,  Pusdalops BNPB sudah berkoordinasi dan bekerja sama dengan BPBD yang berada di sekitar wilayah yang terdampak.

Abdul memaparkan, Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD yang berada di wilayah tersebut, sudah melaksanakan pendataan serta pemantauan lebih lanjut mengenai gempa yang mengguncang wilayah Yogyakarta.

“Warga di beberapa wilayah merasakan guncangan kuat. Guncangan dengan intensitas kuat dirasakan warga Kabupaten Bantul, Kulon Progo, dan Gunung Kidul,” ungkapnya.

Provinsi Jawa Tengah (Jateng) turut merasakan getaran dari gempa dengan kekuatan magnitudo 6,4.

Wilayah yang terdampak, antara lain Kota Surakarta, Kabupaten Kebumen, dan Klaten.

Selain itu, wilayah Trenggalek, Provinsi Jawa Timur juga merasakan gempa dengan intensitas sedang hingga kuat yang berlangsung selama 20 detik.

Berdasarkan pantauan BMKG, Abdul menjelaskan, gempa magnitudo 6,4 yang berpusat di 86 km barat daya Bantul, Yogyakarta, dan memiliki kedalaman 25 km.

Namun, gempa tersebut tidak berpotensi terjadinya tsunami.

Terakhir, Abdul mengimbau kepada warga agar tetap waspada, apabila terjadi gempa susulan.

“Kami mengimbau warga untuk waspada dan siap siaga. Antisipasi adanya gempa susulan,” pungkasnya.

Baca juga: Hanum Mega Tegaskan Tak Terima Kerja Sama Endorse dan Podcast!

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan