Wajib Tahu! Ini 10 Manfaat Olahraga Bagi Tubuh, Bisa Kurangi Resiko Kematian

Melalui olahraga, stres oksidatif dapat dikurangi, sehingga memperbaiki kondisi kulit. Ini karena olahraga membantu memperbaiki kerusakan oksidatif dan mempromosikan regenerasi sel kulit yang baru.

7. Meningkatkan Kualitas Tidur

Setelah berolahraga, tubuh akan merasa lelah karena energi yang digunakan. Proses pemulihan energi ini terjadi saat tidur dan istirahat.

Oleh karena itu, tidak mengherankan jika setelah berolahraga, tidur terasa lebih nyenyak daripada biasanya. Tubuh pun akan terasa segar saat bangun.

8. Mengurangi Nyeri Tubuh

Pendekatan yang umumnya digunakan untuk mengatasi nyeri tubuh adalah dengan beristirahat.

Namun, menurut Healthline, olahraga terbukti efektif sebagai pereda nyeri yang ampuh. Beberapa jenis nyeri yang dapat diatasi melalui olahraga termasuk nyeri punggung bawah kronis, fibromialgia, dan gangguan jaringan lunak bahu kronis.

9. Meningkatkan Kemampuan Otak

Olahraga rutin dapat meningkatkan fungsi otak. Pada orang dewasa, misalnya, olahraga dapat membantu menjaga kesehatan hippocampus, bagian otak yang penting untuk memori dan pembelajaran.

Selain itu, olahraga juga dikaitkan dengan pengurangan risiko terkena penyakit Alzheimer dan demensia.

10. Mengurangi Risiko Terjatuh

Orang dewasa yang semakin tua cenderung mengalami kelemahan pada tulang dan otot.

Karena itu, kasus jatuh saat beraktivitas sering terjadi pada mereka. Dengan melakukan olahraga secara rutin, kesehatan tulang dan otot dapat terjaga, sehingga risiko terjatuh dapat berkurang.

Baca juga : 5 Makanan Nikmat ini Diyakini Bisa Atasi Perut Buncit

Olahraga teratur memberikan sejumlah manfaat bagi kesehatan tubuh. Selain membantu mengontrol berat badan, mencegah penyakit jantung dan stroke, menurunkan tekanan darah, dan memperkuat tulang serta otot.

Olahraga juga dapat meningkatkan suasana hati, memperbaiki kondisi kulit, meningkatkan kualitas tidur, mengurangi nyeri tubuh, meningkatkan kemampuan otak, dan mengurangi risiko terjatuh.

Oleh karena itu, penting untuk menjadikan olahraga sebagai bagian dari gaya hidup sehat untuk mendapatkan manfaat maksimal bagi kesehatan tubuh.

Tinggalkan Balasan