Sisa-sisa Puing Kapal Selam Wisata Telah Dibawa Kedaratan

JABAR EKSPRES- Puing-puing dan kemungkinan sisa-sisa manusia dari kapal selam yang meledak saat kunjungan ke Titanic telah dibawa kembali ke pantai, sementara pihak berwenang sedang menyelidiki penyebab bencana laut dalam yang mematikan ini.

Pada hari Rabu, Anggota Penjaga Pantai Amerika Serikat mengumumkan bahwa tim pemulihan telah berhasil mengambil sisa-sisa lima penumpang yang tewas di kapal selam Titan.

“Dokter medis profesional Amerika Serikat akan melakukan analisis formal terhadap dugaan sisa-sisa manusia yang ditemukan dengan hati-hati di dalam reruntuhan di lokasi kejadian,” kata Penjaga Pantai dalam siaran pers mereka.

Reruntuhan Titan telah dikembalikan ke kota pelabuhan St. John’s, Newfoundland, Kanada, sekitar 600 km (375 mil) barat laut dari lokasi peristirahatan Titanic di dasar laut sebelumnya pada hari yang sama.

Foto-foto menunjukkan kerucut hidung kapal selam yang diturunkan ke dermaga menggunakan derek, serta kabel yang kusut dan panel putih dari kapal berukuran 6,7 meter (22 kaki).

“Pelagis Research Services,” sebuah perusahaan riset kelautan, mengumumkan, “Tim kami telah berhasil menyelesaikan operasi lepas pantai.”

“Mereka telah bekerja tanpa henti selama sepuluh hari, menghadapi tantangan fisik dan mental dari operasi ini, dan mereka sangat ingin menyelesaikan misi ini dan kembali kepada orang-orang yang mereka cintai.”

Titan kehilangan kontak dengan permukaan pada tanggal 18 Juni, hampir dua jam setelah turun ke kapal karam yang paling terkenal di dunia. Upaya pencarian dan penyelamatan internasional melibatkan sekitar 10 kapal yang harus mencapai lokasi terpencil ini, beberapa bahkan membutuhkan waktu berhari-hari.

Pelagic Research Services menyediakan kendaraan kendali jarak jauh (ROV) bernama Odysseus 6K, yang melakukan pencarian di dasar laut di lokasi sekitar 3,8 km (2,4 mil) di bawah permukaan.

Lima penumpang berada di kapal Titan: Hamish Harding, seorang miliarder, Paul-Henri Nargeolet, seorang peneliti Titanic, Shahzada Dawood, seorang pengusaha, putranya Suleman Dawood, dan Stockton Rush, CEO OceanGate Expeditions, perusahaan yang memiliki Titan.

Setelah upaya pencarian internasional yang berlangsung selama hampir empat hari, Penjaga Pantai AS mengumumkan bahwa Titan kemungkinan besar mengalami “ledakan dahsyat” pada hari kehilangannya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan