Ahli Gizi Sebut Makan Buah Bagus Bagi Kesehatan Sebelum Santap Daging Saat Momen Idul Adha

JABAR EKSPRES – Guru Besar Gizi Masyarakat dan Sumberdaya Keluarga Institut Pertanian Bogor Prof. Ali Komsan, menyantap buah segar sebelum menyantap menu daging lebaran untuk menjaga kesehatan tubuh saat Idul Adha dianjurkan untuk dilakukan.

Mengonsumsi buah sebelum menyantap daging membantu menyeimbangkan kandungan lemak yang tinggi pada menu lebaran, terutama bagi mereka yang memiliki penyakit kolesterol, jantung, dan darah tinggi.

“Idul Adha memang identik dengan banyak daging, tapi tetaplah berhati-hati dalam mengonsumsinya. Jangan berlebihan dan selalu sediakan sayur dan buah sebagai pelengkap,” demikian dikutip dari Antara, Kamis (29/6)

BACA JUGA : Sebanyak 1.384 WNI di Thailand Laksanakan Salat Idul Adha Bersama KBRI Bangkok

Demikian kata Ali saat dihubungi. Ali menjelaskan bahwa makan buah sebelum makan berat tidak hanya menyeimbangkan kesehatan, tetapi juga dapat mengenyangkan. Setelah kenyang, makanlah makanan khas Idul Fitri seperti gulai, opor, dan rendang, tapi jangan makan berlebihan.

“Makanan khas lebaran umumnya tinggi kalori karena mengandung santan dan lemak,” kata Ali mengutip dari Antara, Kamis (29/6)

Menurut Ali, makanan yang paling seimbang selama Lebaran adalah sayuran dan buah-buahan segar, dan mengonsumsi serat, vitamin, dan mineral dapat membantu menyeimbangkan makanan berkalori tinggi.

Buah-buahan yang ia makan sebelum makan berat adalah buah-buahan yang mudah didapat seperti apel, pir dan jeruk. Meskipun merupakan buah yang sederhana, buah ini kaya akan nutrisi yang baik untuk tubuh.

Makan sebuah apel sehari diperkirakan dapat mengurangi asupan kalori hingga 15 persen. Bahkan, buah ini dapat mengikat lemak dalam tubuh, dan karena kaya akan serat, maka lemak akan dikeluarkan.

BACA JUGA : Rayakan Idul Adha di Masjid Niujie, Beijing Tanpa Hewan Kurban

“Buah-buahan ini memiliki masa simpan yang lama, mudah disimpan dan sangat baik untuk Anda. Buah-buahan ini dapat mengurangi asupan kalori dari makanan lebaran yang biasanya disantap pada pagi, siang, sore, dan malam hari,” kata Ali.

Ali mengatakan bahwa asupan sayur dan buah yang disarankan adalah 400 gram per hari, yang setara dengan makan tiga buah sayur dan dua buah berukuran sedang.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan