GBK Dipakai Coldplay, Walkot Surabaya: GBT Siap untuk Piala Dunia U-17!

Jabar Ekspres – Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi, menyatakan bahwa Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) telah siap digunakan sebagai tempat pertandingan Piala Dunia U-17 2023.

“Pada waktu pertama kali ada pengumuman Indonesia ditunjuk sebagai U-17, Ketua PSSI (Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia) Pak Erick Thohir kontak saya dan saya menyampaikan, Surabaya siap dan mengajukan diri untuk menjadi venue,” kata Eri Cahyadi dikutip dari Antara News, Selasa (28/6).

BACA JUGA: Piala Dunia U 17 Bentrok dengan Konser Coldplay, Ini Komentar Jokowi!

Dia menambahkan bahwa Stadion GBT telah memenuhi standar Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA).

“Yang dihubungi Pak Erick itu saya dan Wali Kota Solo dan kami berdua pada waktu itu sama-sama menyampaikan kesediaan kita untuk digunakan sebagai venue U-17,” ujarnya.

Menurut Eri, ini merupakan kebanggaan bagi Indonesia karena dipilih sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17, terutama karena Surabaya terkenal sebagai kota olahraga.

“Jadi Insya Allah ketika ditunjuk, diminta untuk membuat surat pernyataan, kami pun akan siap untuk itu,” katanya.

Selain itu, Wali Kota Eri juga memastikan bahwa semua fasilitas di Stadion GBT sudah sesuai dengan standar internasional. Hal ini termasuk kesiapan transportasi yang sebelumnya diuji coba saat FIFA Matchday Timnas Indonesia melawan Palestina pada 14 Juni 2023.

“Dan itu sudah menjadi alur internasional yang sudah disepakati. Nanti Insya Allah dalam pelaksanaan akan seperti itu,” ujarnya.

BACA JUGA: Menpora Akan Segera Undang PSSI untuk Membahas Piala Dunia U 17!

Eri juga menyatakan bahwa Piala Dunia U-17 di Surabaya akan dikembangkan sebagai destinasi wisata. Selain itu, akan ada produksi merchandise atau suvenir Piala Dunia U-17 yang akan dilakukan oleh pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Surabaya.

“Jadi kami jadikan ini pengembangan wisata, juga pengembangan ekonomi. Karena ini akan bisa mengungkit, membangkitkan ekonomi di Surabaya,” pungkasnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan