Sunah Sebelum Melakukan Sholat Idul Adha Sesuai Teladan Rosulullah

JABAR EKSPRES – Melaksanakan Sholat Idul Adha merupakan salah satu amalan sunnah yang sangat sayang untuk ditinggalkan, karena hanya bisa dilakukan sekali dalam setahun. Sebelum melakukan sholat Idul Adha ternyata ada amalan-malan sunah lain yang juga sangat dianjurkan untuk dilakukan.

Beberapa amalan sunah sebelum melaksanakan sholat Idul Adha ini telah di lakukan oleh Nabi Muhammad dalam memberikan teladan kepada umatnya.

Karenanya, sebagai umatnya kita sudah seharusnya mengikuti apa yang dilakukan oleh Rosulullah, termasuk menjalankan sunah sebelum melaksanakan sholat Idul adha.

Ada enam sunah yang bisa kamu coba lakukan agar bisa mendapatkan pahala sunnah seperti yang dilakukan Nabi. Keenam amalan ini tentu saja memiliki makna didalamnya.

Baca juga :  Besok Puasa Arafah, Bisa Hapuskan Dosa Dua Tahun, Ini Keutamaan Lainnya

Misalnya mengambil jalan yang berbeda saat berangkat dan pulang, hal ini dimaksudkan agar kita bisa memperluas silaturohim kepada orang-orang yang berbeda.

Karena dengan berjalan kaki menuju lokasi sholat ied, maka kita akan bertemu dnegan banyak orang, hal ini menajdi kesempatan bagus untuk saling menyapa, mengetahui kabar dan saling mendoakan. Dengan demikian akan lebih banyak orang yang bisa kita doakan dan juga mendoakan kita.

Apa saja amalan sunah yang harus kita ikuti dari Nabi Muhammad sebelum sholat Idul Adha, bisa kamu simak dibawah ini :

Pertama, menunda sarapan pagi sebelum sholat Idul Adha.
Nabi Muhammad tidak makan pagi sebelum sholat Idul Adha dan baru makan setelah sholat.

Kedua, adalah Mandi Sebelum Shalat Idul Adha, sebagaimana disebutkan dalam beberapa hadits bahwasannya Nabi Muhammad SAW selalu mandi pagi pada hari Idul Fitri dan Idul Adha.

Ketiga, adalah memakai pakaian yang terbaik dan wewangian untuk melaksanakan Shalat Idul Adha.

Hal ini diriwayatkan dalam sebuah hadits, Ali bin Abi Thalib radhiyallahu ‘anhu berkata: “Rasulullah SAW menyuruh kami agar memakai pakaian terbaik dan wewangian terbaik yang kamu miliki pada dua hari raya.” (HR. Al-Hakim).

Baca juga :  Tata Cara dan Adab Saat Menyembelih Hewan Qurban Sesuai Tuntunan

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan