Didemo 20 Ribu Massa Hari Ini, Al Zaytun Kerahkan Pasukan Anjing Herder

JABAR EKSPRES – Mahad Al Zaytun dikabarkan mengerahkan Banaspati atau anjing herder untuk menghadapi demo 20 ribu massa yang dilakukan Forum Solidaritas Dharma Ayu pada hari ini Kamis, 22 Juni 2023.

Sebelumnya, surat pemberitahuan terkait demo 20 ribu massa di Al Zaytun beredar di media sosial, untuk menghadapinya, pihak Pondok Pesantren (Ponpes) yang dipimpin Panji Gumilang tersebut mengerahkan Banaspati atau anjing herder.

Diketahui bahwa pada aksi demo sebelumnya, pihak Al Zaytun membawa Suro Menggolo, anjing kesayangan Panji Gumilang. Namun pada demo 20 ribu massa hari ini mereka mengerahkan Banaspati atau anjing jenis herder.

BACA JUGA: Kecam Pernyataan Panji Gumilang, Lebih dari 10 Ribu Massa Gelar Demo di Ponpes Al Zaytun Hari Ini

Hal tersebut sempat diungkap oleh Suprobo, Koordinator pasukan anjing herder Mahad Al Zaytun.

Sebagai informasi, Banaspati adalah anjing jenis herder dengan pangkat mayor muda.

Banaspati bagian dari pasukan herder pelindung Mahad Al Zaytun yang terdiri dari 3 regu.

Adapun masing-masing regu tersebut terdiri dari 11 herder terlatih dengan kemampuan khusus.

Bahkan, pimpinan Ponpes Al Zaytun Panji Gumilang mengungkap bahwa lompatan anjing-anjing terlatih tersebut bisa menjangkau hampir 8 meter.

“Kami siap menurunkan setengah regu pasukan herder yang dipimpin Banaspati dan kawan-kawannya,” kata Suprobo, dikutip JabarEkspres.com dari Radar Cirebon pada Kamis, 22 Juni 2023.

Lebih lanjut, Suprobo menjelaskan Banaspati adalah pemimpin dari pasukan herder yang akan dikerahkan dan dikenal dengan nama Yordo Banaspati.

Nama pasukan anjing herder yang dikerahkan pada demo 20 ribu massa ddi Ponpes Al Zaytun tersebut diyakini ada kaitannya dnegan mitos masyarakat Jawa.

Sementara itu, Banaspati dalam mitos masyarakat Jawa diyakini sebagai bola api yang terbang di udara. Sedangkan dalam dunia kebatinan dikenal sebagai ilmu santet tingkat tinggi.

Panji Gumilang dalam suatu kesempatan juga sempat membeberkan soal peran anjing jenis herder tersebut di Al Zaytun.

“Pesantren kok punya anjing ya? Emang polisi saja yang punya anjing. Syekh itu memelihara anjing yang namanya Suro Menggolo.

Waktu dapat itu, namanya Jones. Saya tidak mau. Warok Suro Menggolo,” katanya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan